Sony Xperia Z4 Tablet LTE Salip Smartphone

MALANG – Pasar gadget di Malang, dalam waktu dekat akan digoda dengan seri terbaru dari Sony di kelas Xperia Z Tablet. Perangkat bernama Xperia Z4 Tablet LTE ini diprediksi akan meluncur dalam waktu dekat mendahului seri smartphone. Seri itu memiliki keunggulan tablet berlayar 10 inci, serta sudah dilengkapi dengan jaringan 4G Long Term Evolution (LTE).
Owner Loechya Cell, Siska Lusia menyampaikan, Sony menjadi salah satu pabrikan yang telah merilis beragam perangkat 4G LTE. Termasuk telah mengenalkan seri terbaru Mobile World Congress 2015. “Seri terbaru yang dikenalkan justru tablet. Menyalip Xperia Z4 smartphone,” ujarnya.
Menurut dia, perkembangan terbaru ini juga sudah beredar cepat di dunia maya. Tidak hanya soal kabar saja, spesifikasi dari seri terbaru juga sudah tersebar. “Malahan, ada beberapa customer yang sudah mulai membicarakan seri terbaru. Terutama pecinta Sony,” ujar dia kepada Malang Post, kemarin.
Menurutnya, Xperia Z4 Tablet ini akan mengusung layar berukuran 10,1 inci. Layar ini diperoleh dari dimensi yang diterapkan dalam Sony Xperia Z4 Tablet LTE sebesar 254 x 167 x 6.1 mm serta memiliki berat 392 gram.
Sony Xperia Z4 Tablet LTE memiliki kelengkapan pada jaringan. Mulai dari 2G GSM, 3G HSDPA serta 4G LTE, yang siap memberikan kemudahan bagi pengguna untuk komunikasi menggunakan tablet dengan ukuran yang cukup besar. “Fungsi dari jaringan tersebut tidak hanya untuk komunikasi via telpon atau SMS, tapi juga untuk komunikasi menggunakan internet yang cukup maksimal dengan adanya jaringan 4G,” sebutnya.
Menurut Lusi, kecepatan jaringan 3G mampu memberikan dukungan HSPA 42.2/5.76 Mbps. Sementara, pada jaringan 4G LTE terdapat LTE Cat6 300/50 Mbps yang memberikan koneksi jauh lebih cepat sekitar 4-6 kali. Sedangkan dalam jaringan GPRS memiliki kecepatan sekitar 107 kbps dan EDGE sekitar 296 kbps.
Sony Xperia Z4 Tablet LTE mendukung adanya tipe layar IPS LCD layar sentuh dengan 16 juta warna yang cukup mengagumkan. Sesuai dengan serinya, yakni Z yang teruji akan ketangguhannya dari debu dan air, perangkat ini sudah dilengkapi dengan sertifikat IP68 yaitu untuk anti debu dan anti air sekitar 1.5 meter selama 30 menit. “Kepadatan warna dalam layar mencapai ~299 ppi (pixel per inci),” tegasnya.
Sony Xperia Z4 Tablet LTE memiliki memori internal dan memori eksternal lebih maksimal dalam kapasitas. Memori internal mendukung kapasitas sangat lebar sebesar 32 GB. Bila masih kurang, Sony menambahkan slot memori eksternal yang mendukung ekspansi hingga 128 GB. Selain itu, RAM tidak kalah lebar mencapai 3 GB untuk membantu daya jelajah tablet.
Dia menambahkan, Sony menyiapkan kamera belakang atau kamera utama dengan resolusi 8.1MP, 3264 x 2448 pixels yang mendukung adanya autofocus, Geo tagging, touch focus, face/smile detektion, HDR, serta video yang memiliki resolusi 1080p@30fps, HDR. “Kamera depan juga lumayan besar dengan adanya lensa 5.1 MP yang mampu memberikan kemudahan dalam potretan menggunakan kamera depan pada tablet,” tandasnya. (ley/udi)