Andalkan Teknologi Virtual Reality


BARU : Ajak pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan dan dunia maya. (Pipit Anggraeni/Malang Post)

MALANG – Selain mengeluarkan smartphone kelas menengah dengan harga yang tidak menguras kantong, Lenovo nampaknya juga mencoba merambah pecinta gadget melalui berbagai fitur andalan. Salah satunya dengan teknologi virtual reality, yang mencoba mengajak pengguna untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan dalam dunia maya.
Promotor Lenovo Karna Jaya, Lilik S mengatakan, selain Lenovo Vibe K4, vendor asal Tiongkok ini juga baru saja mengeluarkan seri Vibe terbarunya yaitu Lenovo Vibe K5 dan K5 Plus. Masing-masing dilengkapi dengan teknologi virtual reality yang dapat memanjakan pengguna bermain gadget dengan lebih maksimal melalui akses virtualnya.
“Pengguna bisa memanfaatkan sensasi virtual ini dengan menggunakan headsat VR bernama ANTVR,” katanya pada Malang Post, kemarin.
Menurutnya, dengan teknologi yang diusung ANTVR ini, maka pengguna sangat dimungkinkan dapat menikmati berbagai konten dalam bentuk VR. Desain yang digunakan pun lebih terbuka, sehingga terdapat celah pada sisi kiri dan kanan yang akan membuat pengguna dapat melihat keluar meskipun sedang menggunakannya. Meski begitu, pengguna dapat dengan leluasa menonton berbagai konten layaknya di bioskop.
Selain itu, lanjut Lilik, dua keluaran ini juga dibekali dengan banyak fitur menarik lain. Masing-masing dengan kelebihan yang berbeda. Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya, kecuali pada segi chipset dan resolusi layar yang digunakann. Untuk Lenovo Vibe K5 sendiri menggunakan chipset snapdragon 415 dengan resolusi HD. Sementara Lenovo Vibe K5 Plus menggunakan chipset snapdragon 616 dengan resolusi full HD. “Ukuran layarnya sama, lima inchi semua,” tambah perempuan berambut panjang ini.
Sedangkan pada segi dapur pacu, ponsel pintar ini menggunakan prosesor octa core dan RAM berukuran 2 GB. Untuk softwarenya sendiri semakin optimal dengan sistem operasi Android Lollipop yang akan membuat kinerja chipset snapdragon semakin lebih maksimal. Sementara itu, dengan RAM berukuran 2 GB, maka pengguna dapat melakukan kegiatan multitasking dengan sangat mudah.
Dia menambahkan, keluaran anyar ini juga sudah menggunakan jaringan terbaru yakni 4G LTE yang akan memudahkan pengguna berselancar dalam dunia digital. Tak hanya itu, dua ponsel pintar ini juga memiliki fitur dual SIM serta WiFi yang akan lebih memudahkan pengguna dalam bertinteraksi, baik untuk jaringan suara, SMS, maupun internet.
“Kameranya sama dengan yang lain, depan dan belakang dengan resolusi besar. Kamera utamanya dengan resolusi 13 MP, untuk kamera depannya 5 MP,” pungkasnya. (pit/han)