Berburu Pokemon Lebih Seru dengan 4G LTE


MALANG – Bermain Pokemon Go memang sangat menyenangkan, tapi menjadi sangat menyebalkan jika tidak didukung jaringan komunikasi yang kuat. Karena permainan ini berbasis realtime location yang membutuhkan koneksi kuat ketika hendak mencari pokemon, beberapa situs teknologi dan game pun menyarankan para trainer (istilah untuk pemain) untuk memanfaatkan jaringan 4G LTE agar dapat menikmati permainan lebih seru.
Meski game ini tidak memakan bandwidth (konsumsi transfer data) terlalu besar, ketenaran yang luar biasa dari Pokemon Go membuat perusahaan telekomunikasi lebih memaksimalkan monitoring.
“Monitoring diperkuat sebagai antisipasi agar tidak sampai terjadi blocking, tapi sejauh ini aman-aman saja dan tidak sampai menimbulkan permasalahan jaringan,” ungkap Manager Corporate Communication Telkomsel Jawa Bali, Erwin Kusumawan kepada Malang Post, kemarin.
Menurutnya, dengan adanya permainan baru ini Telkomsel merasa lebih senang sekaligus tertantang. Karena ketangguhan jaringan 4G dari Telkomsel akan lebih teruji, dan ia pun optimis kuota yang sudah disiapkan akan sangat mencukupi bagi setiap pelanggan yang hendak bersenang-senang dengan game ini.
“Kami sangat menikmati dengan boomingnya permainan ini, sama halnya dengan game online lain yang sebelumnya juga sempat tenar. Permainan tersebut sama sekali tidak mengganggu jaringan kami,” terang Erwin.
Sisi lain yang mewajibkan trainer memanfaatkan jaringan terbaru 4G karena game ini juga memanfaatkan mode GPS, yang akan lebih bagus dengan penggunaan provider dengan signal super cepat. Sehingga, pencarian pokemon di tempat pelosok pun akan sangat mudah dan mungkin dilakukan.
Tapi nggak perlu takut, bagi kalian yang masih memanfaatkan jaringan 3G juga masih bisa bermain dengan pokemon-pokemon lucu di dalam Pokemon Go. Tapi kecepatannya mungkin saja tidak secepat dengan yang didapat oleh mereka yang menggunakan jaringan 4G.
Sementara itu, Cluster Sales Manager Indosat Ooredoo, Subiyanto menyebutkan, penggunaan aplikasi game Pokemon Go ini sama sekali tidak mengganggu aktivitas layanan jaringan telekomunikasi Indosat. Sebab, umumnya aplikasi game tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain yang juga menggunakan teknologi GPS. Meskipun jumlah pelanggan yang memanfaatkan aktivitas bermain game ini semakin tumbuh, pihaknya optimis jumlah kuota yang disiapkan tetap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Terlebih Indosat Ooredoo sudah memiliki jaringan 4Gplus dengan kecepatan layanan internet 4G yang sudah teruji kecepatannya. Bahkan untuk berbagai wilayah plososk sekalipun. Itu sebabnya, Indosat optimis pelanggannya dapat berselancar di dunia digital dengan lebih leluasa melalui teknologi teranyar itu.
"Kami sudah menguji kekuatan layanan 4G sampai ke pelosok. Jadi trainer yang menggunakan aplikasi Indosat nggak perlu khawatir ketinggalan momen. Begitu juga pelanggan lain, tidak harus takut akan mengalami gangguan. Karena kapasitas yang kami siapkan sangat besar dan mencukupi," pungkas pria yang akrab disapa Soebee ini. (pit/han).