BlackBerry Tinggalkan OS Sendiri?


Blackberry Priv


JAKARTA - Beredar kabar, BlackBerry tengah menyiapkan beberapa ponsel baru. Menariknya, semua ponsel yang dimaksud akan dibekali Android. Apalah BlackBerry akan meninggalkan OS buatannya sendiri? Padahal, kalau masih ingat ketika ponsel BlackBerry Z10 pertama kali keluar, Blackberry sangat membanggakan ponsel ini lewat OS BlackBerry 10 (BB10) yang diusungnya. Sayangnya, bukannya berkembang, BB10 lambat laun malah seakan kehilangan taji.
Masalah utamanya diyakini berasal dari ekosistemnya yang lemah, sementara Android yang jadi pesaingnya malah semakin kaya ekosistemnya berkat ratusan ribu aplikasi yang dimiliki.
BlackBerry sempat mengakali BB10 dengan membenamkan dukungan untuk aplikasi Android. Singkatnya, pengguna BB10 jadi bisa menjalankan aplikasi Android di perangkat BlackBerry. Sayangnya, hal tersebut nyatanya tak begitu membantu. BB10 tetap tak bisa menyaingi Android, dan malah semakin tenggelam.
Pada akhirnya lahirlah Priv, ponsel pertama BlackBerry yang sepenuhnya menggunakan Android. Di saat yang tidak berselisih jauh, BlackBerry sebenarnya juga meluncurkan Classic yang berbasis BB10. Namun konsumen lebih penasaran dengan ponsel Android pertama BlackBerry.
Meski penjualannya tak sesuai ekspektasi lantaran banderol yang terlalu mahal, BlackBerry belum mau menyerah. Kabarnya, perusahaan asal Kanada ini tengah menyiapkan ponsel baru yang kembali mengandalkan Android sebagai OS-nya.
Tak cuma satu, tapi tiga perangkat sekaligus. Kabar ini lantas memunculkan spekulasi kalau BlackBerry sudah berniat untuk meninggalkan sistem operasi garapannya sendiri. Isu ini langsung ditepis BlackBerry. "Kami benar-benar tidak mundur dari BB10. Perusahaan tidak pernah mengatakan bahwa kami tidak akan membangun perangkat BB10 lain," ujar Marty Beard, COO BlackBerry.
Tapi apa yang disampaikan tentu butuh pembuktian lebih lanjut. Sebab saat ini, cuma Classic yang merupakan perangkat BB10. Kalau benar tiga perangkat baru yang disiapkan BlackBerry pakai Android, maka peluang perangkat BB10 anyar muncul mungkin baru akan terjadi tahun 2017 mendatang. (dtc/ra/udi)