Dibandrol Rp 4 Juta, Andalkan Fitur Keamanan


Blackberry DTEK50


BlackBerry akhirnya merilis ponsel Android terbaru bernama DTEK50. Ponsel Android kedua setelah PRIV ini kembali hadir dengan menawarkan sistem keamanan data dan privasi penggunanya.
BlackBerry bahkan mengkalim bila DTEK 50 merupakan ponsel Android paling aman di dunia.
Meski masih mengikuti jejak pendahulunya yang selalu mengutamakan keamanan data dan privasi pengguna, BlackBerry DTEK50 tidak dibanderol dengan harga premium melainkan dijual dengan harga USD299 atau sekitar Rp4 juta.
"DTEK50 menggabungkan keamanan yang unik dan fitur konektivitas yang dikenal pada Blackberry, dengan ekosistem Android yang kaya," ujar Chief Operating Officer and General Manager, Devices, BlackBerry, Ralph Pini.
"Perangkat ini menambah lineup smartphone aman Blackberry, memberikan pilihan kepada pelanggan kami dengan titik harga yang lebih terjangkau dari sebelumnya."
DTEK50 memang mengunggulkan fitur keamanan. Ponsel Android terbaru BlackBerry ini dikatakan mampu memberitahu bila pengguna sedang dalam keadaan yang tidak aman, atau ponsel dalam keadaan dapat diretas. Fitur keamanan tersebut semuanya berbasiskan hardware, sehingga hacker bakal sulit untuk membobol ponsel ini.
DTEK50 juga dikatakan memiliki fitur untuk melindungi privasi pengguna. Ponsel ini dilengkapi dengan sistem enkripsi khusus yang bisa melindungi data pribadi serta bisnis, seperti dokumen, foto, video, dan kontak.
Perlindungan tersebut juga diperkuat dengan adanya sistem backup dan restore, serta sistem perlindungan akses terhadap kamera dan mikrofon.
Pihak BlackBerry juga mengatakan bila mereka akan menyediakan patch dan update di hari yang sama saat Google merilisnya. Fitur bernama Zero-Day Patch ini dikatakan akan dapat memberikan perlindungan lebih baik, karena pengguna bisa mendapatkan patch untuk menambal celah keamanan tanpa harus menunggu lebih lama.
Sementara untuk spesifikasinya, BlackBerry DTEK50 akan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 617 dan didukung RAM 3GB serta penyimpanan internal sebesar 16GB. Ponsel ini juga mendukung penyimpanan eksternal melalui MicroSD dengan data tampung hingga 2TB.
BlackBerry DTEK50 juga memiliki layar FullHD berukuran 5,2 inci dan kamera utama beresolusi 13MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8MP. Fitur tambahan lain adalah terdapatnya sebuah tombol yang dapat diprogram fungsinya sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, ponsel ini juga memiliki keyboard virtual khusus serta berbagai layanan BlackBerry lainnya seperti BlackBerry Hub dan Calendar.
BlackBerry DTEK50 kini telah dapat dipesan namun masih terbatas untuk wilayah Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Belanda. Ketersediaan di negara lain akan diumumkan kemudian. (met/oci)