Ditinggalkan Ahli Mobil Tanpa Sopir

RESIGN: Chris Urmson, Chief Technology Officer di Google Self-Driving Car memutuskan untuk meninggalkan proyek yang dimulai tahun 2009 itu.

Setelah tujuh tahun mengabdi, Chris Urmson akhirnya meninggalkan posisinya sebagai Chief Technology Officer (CTO) di Google Self-Driving Car. Urmson adalah orang yang berada di balik proyek mobil tanpa sopir Google, yang memulai proyek rahasia itu pada 2009 lalu. Kini proyek tersebut berada di bawah naungan Alphabet, tepatnya di laboratorium X.
"Sekarang, setelah bisa berjalan sejauh 1,8 juta mil tanpa sopir, aku memutuskan ini adalah waktu yang tepat untuk mundur dan menemukan perjalananku selanjutnya," tulis Urmson dalam laman Mediumnya.
Urmson adalah orang kesekian yang meninggalkan divisi di bawah pimpinan John Krafcik itu. Sebelumnya ada juga Jiajun Zhu, yang meninggalkan divisi tersebut dan pindah ke sebuah startup yang tak disebutkan namanya.
Lalu ada Anthony Levandowski, salah satu pendiri divisi tersebut yang mengundurkan diri lalu mendirikan startup yang berfokus pada pembuatan truk tanpa sopir. "Tujuh tahun lalu, pemikiran soal mobil bisa berjalan sendiri tak lebih dari sebuah ide. Peran Chris (Urmson) sangat vital dalam proyek ini, membantu tim dari tahap penelitian sampai ke tahap teknologi yang bisa menyelamatkan nyawa ini bisa menjadi nyata dalam waktu dekat," ujar juru bicara divisi tersebut.(dtc/han)