Galaxy A3 Ideal dalam Satu Genggaman


PAS : Samsung tetap mempedulikan customernya yang tidak suka dengan layar lebar. Salah satunya dengan memproduksi Galaxy A3. (DICKY BISINGLASI/MALANG POST)

MALANG - Sepanjang 2016 ini, pabrikan Samsung memberikan update koleksi yang cenderung berbeda ketimbang tahun sebelumnya. Beberapa seri yang sebelumnya sudah laku keras di pasaran, diberikan beberapa perubahan minimalis, namun mengena di hati customer.
Salah satu contohnya Samsung Galaxy A3 2016. “Samsung, tetap mempedulikan customernya yang tidak terlalu suka dengan layar lebar. Seri A3 ini pas dalam genggaman, tetapi kualitasnya sangat bagus,” ujar Owner Karna Jaya Cell, Badri.
Menurut dia, untuk seri Samsung Galaxy A3 yang diupdate pada 2016 ini, hadir dengan layar sedikit lebih lebar. Dari sebelumnya 4,5 inci, kini bertambah menjadi 4,7 inci. Ukuran tersebut tersebut, terlihat lebih ideal saat digenggam dengan satu tangan.
Selain memiliki desain yang ringan dan tipis, pihak vendor juga membalutnya dengan metal berlapis kaca. “Yang membedakan adalah berbagai fitur dan desainnya yang kini lebih premium. Ini karena Samsung memberikan tambahan berupa material kaca di bagian belakangnya,” ungkapnya.
Dia menyampaikan, Samsung menjamin kualitas tampilan layar, sekalipun untuk keluaran terbaru, ukurannya menjadi 4.7 inci. Kualitas itu dijamin dengan panel Super Amoled beresolusi HD sebesar 720 x 1280 piksel.
Alhasil, ketajaman layarnya menjadi lebih baik dengan kerapatan mencapai 312 ppi. “Dengan jenis layar ini, gambar ataupun video yang diputar akan terlihat sangat jelas dan detail,” tegas pria yang sudah lama malang melintang di dunia ponsel ini.
Sementara itu,  untuk sistem proteksi layar, Samsung Galaxy A3 2016 berlapiskan Corning Gorilla Glass 4 yang sebelumnya juga digunakan pada generasi pertama. Dengan begitu, customer tidak perlu khawatir akan bahaya goresan yang ditimbulkan selama pemakaian.
Pada mesin pacunya, Samsung Galaxy A3 2016 lebih tangguh dan powerfull. Sebab, seri ini  menggunakan chipset MSM8916 Snapdragon 410 dan RAM yang disematkan cukup besar yaitu 1,5 GB yang dipadu dengan pengolahan grafis GPU Adreno 306.
Sementara untuk segi penyimpanan,  Samsung menawarkan memori internal 16 GB dengan dukungan memori eksternal hingga 128 GB.  “Ruang yang luas untuk menyimpan banyak data sehingga tanpa perlu khawatir kehabisan memori,” beber dia kepada Malang Post.
Seri ini, dipastikan pula sudah mengusung teknologi  4G LTE yang kini sudah menjadi salah satu pertimbangan customer dalam memutuskan pembelian gadget. Selain itu terdapat juga tambahan teknologi Near Field Communication (NFC) yang semakin memudahkan perpindahan file.
Konektivitasnya semakin lengkap dengan adanya Wifi Direct dan Hotspot. Sementara untuk pengiriman file secara offline bisa menggunakan Bluetooth 4.1 dan microUSB 2.0. Untuk pengguna yang tengah menyenangi dunia travelling bisa menggunakan fitur GPS untuk kemudahan navigasi.
Pada sisi kamera, ponsel sudah dipasang kamera 13 megapiksel dengan aperture F/1.9 tanpa OIS. Kelengkapannya terlihat dari adanya Autofocus dan juga LED Flash. Sedangkan kamera  depan menggunakan lensa 5 megapiksel yang bisa untuk selfie maupun video call. (ley/mar)