Galaxy Note 7, Kejutan dari Samsung



Samsung mengumumkan penyelenggaraan ajang Unpacked yang akan digelar pada tanggal 2 Agustus mendatang, melalui undangan resmi yang disebarkannya. Pada ajang ini, Samsung mengindikasikan akan meluncurkan perangkat seri Note terbarunya, Galaxy Note 7.
Undangan tersebut hadir dengan tampilan minimalis, dihiasi gambar stylus yang berbaris melingkar dalam warna biru dan satu berwarna putih. Selain itu, tampil juga stylus berwarna putih dengan angka tujuh berwarna biru di bagian bawahnya, mengindikasikan peluncuran Galaxy Note 7 dan keputusan Samsung melewati angka enam dalam penamaan perangkatnya.
Barisan stylus melingkar yang menyerupai iris mata tersebut juga dinilai menjadi indikator kehadiran fitur pemindai iris, sesuai rumor, bocoran informasi dan laporan yang selama ini beredar. Pemindai ini akan menghadirkan kemudahan membuka kunci perangkat bagi pengguna, hanya dengan menatap fitur tersebut, seperti yang dilaporkan Mashable.
Samsung Galaxy Note 7 akan hadir dengan layar Super AMOLED berbahan kaca dan kedua sisi berlekuk layaknya S7 Edge, berdimensi 5,8 inci dan beresolusi Quad HD. Selain itu, perangkat ini akan didukung prosesor Qualcomm Snapdragon terbaru, RAM 6GB, memori internal 64GB, slot memori eksternal dan baterai berkapasitas 4.000mAh.
Perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan ini juga dikabarkan akan membekali Note 7 dengan kamera belakang 12MP dan kamera depan 5MP, serupa kamera pada Galaxy S7 dan S7 Edge.
Rumor lain menyebut, Samsung akan membekali Note 7 dengan kamera berkualitas gambar dan performa lebih baik. Note 7 juga dikabarkan akan berbekal kemampuan tahan air dan debu dengan rating IP68.
Pada ajang tersebut, Samsung juga dirumorkan akan mengungkap versi terbaru dari TouchWiz Android, dengan tampilan dan kesan lebih sederhana. Namun, belum dapat dipastikan Samsung akan menghadirkan kejutan terkait perangkat lainnya seperti yang dilakukannya tahun lalu.
Tahun lalu, Samsung memberikan bocoran singkat tentang smartwatch Gear S2 pada acara peluncuran Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus. (met/oci)