Pemindai Iris Hadir di Ponsel Murah

PEMINDAI :  Fitur pemindai Iris yang ada di dalam Galaxy Note 7 juga akan hadir di segmen yang lebih murah.
 
JAKARTA - Galaxy Note 7 bukan satu-satunya ponsel bikinan Samsung yang kebagian pemindai Iris. Produsen Korea Selatan ini menyebut fitur pemindai Iris juga akan hadir di segmen yang lebih murah.
Hal itu dikemukakan oleh Presiden Samsung Mobile D.J. Koh. Menurutnya, pemindai Iris mungkin adalah solusi keamanan biometrik terbaik saat ini. Oleh karenanya Samsung berencana mengajak pengembang aplikasi untuk bisa memanfaatkannya.
Bahkan bukan tak mungkin ke depannya, bank bisa menggunakan fitur ini untuk otorisasi nasabahnya. Jadi tak hanya menggunakan PIN, nasabah nanti mungkin juga bisa memilih alternatif login lewat pemindai iris kalau ingin melakukan transaksi.
Oleh karenanya, mengacu pada potensi tersebut Samsung ingin lebih luas menggunakan pemindai iris. Jadi tak hanya di perangkat kelas atas, ke depannya pemindai iris juga bakal hadir di ponsel-ponsel kelas menengah.
Menariknya lagi, Samsung juga membuka kemungkinan menjual komponen pemindai iris ke produsen ponsel lainnya. Selain Samsung, produsen lain yang juga disebut tengah menggarap pemindai iris di ponsel adalah LG.
Awalnya adalah G5 yang dibilang akan menyodorkan fitur pemindai iris, namun tebakan itu meleset. Kini peluangnya mengarah ke V20 yang tak akan lama lagi dirilis produsen senegara Samsung itu. Kehadiran Galaxy Note 7 disambut optimisme tinggi.
Terlebih untuk saat ini dipercaya belum ada perangkat dari merek lain yang bisa menandingi Note 7. Menurut Gadget Enthusiast, Lucky Sebastian, harus diakui jika aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) cukup membuat serbuan ponsel premium ke Indonesia jadi tersendat.
 
Belum Ada Lawan
Galaxy Note 7 sendiri disebut Lucky memiliki sejumlah fitur andalan. Mulai dari fungsi S-Pen yang lebih kaya, termasuk teknologi induksi magnetiknya. Fungsi-fungsi baru S-Pen seperti translate dan magnify pun akan terasa sangat berguna untuk mereka yang suka membaca.  
“Seperti Samsung kan menyediakan aplikasi S-Lime untuk membaca majalah dan koran.," jelas penggila gadget asal Bandung tersebut. Dari sisi keamanan, Note 7 juga tampil menarik perhatian dengan iris scanner.  Memang Note 7 bukanlah perangkat pertama yang punya fitur ini. Namun dari segi kemampuan, pemindai iris di note7 sangat cepat pengenalannya. 
“Jadi tetap oke secara hardware, malah lebih baik di internal storage yang lebih besar, 64 GB dan support memory card. Dan kali ini desain Note juga menarik sudah dual edge, baik bagian depan dan belakang. Dual edge ini ternyata membuat ergonomisnya lebih baik, lebih nyaman digenggam dan mudah di pick up dari atas meja," imbuhnya. (jpnn/mar)