Pokemon Go di Ponsel Kelas Atas


COCOK : Galaxy S7 merupakan smartphone cocok untuk bermain Pokemon Go. (IST/MALANG POST)

MALANG - Demam Pokemon Go tengah melanda. Sebagian pengguna smartphone, baik yang Android maupun iOS berlomba-lomba memburu Pokemon di mana-mana. Tapi sebenarnya ponsel yang ideal buat bermain Pokemon Go itu apa?
Game garapan Nintendo ini sebenarnya bukan game yang berat-berat. “Grafis yang diusung Pokemon Go terbilang biasa saja, tapi agar bisa memainkannya dengan nyaman sejatinya tetap ada syarat yang harus dipenuhi,” kata Wawan Setiawan, staf TM Cell Malang Plasa.
Kepada Malang Post, ia menyebutkan secara hardware, akan lebih baik kalau Pokemon Go berjalan di ponsel yang dibekali prosesor dengan teknologi quad core ke atas. Sementara untuk besaran RAM yang ideal berada di angka 2 GB, lebih tinggi lebih baik.
“Kedua kombinasi hardware sebenarnya sudah mencukupi untuk bisa memainkan Pokemon Go dengan cukup nyaman,” tegasnya. Meski demikian komponen lainnya juga tak kalah penting, seperti baterai, GPS, hingga layar.
“Bisa dibilang bermain Pokemon Go itu menguras baterai, sebab ponsel dipaksa selalu hidup ketika memainkannya. Apalagi ketika dalam kondisi standby untuk menunggu pokemon muncul. Oleh karenanya baterai dengan kemampuan tinggi akan lebih memberi kenyamanan bermain,” paparnya panjang lebar.
Di sisi lain, GPS di ponsel juga hal yang tak kalah penting bagi pemburu Pokemon. Karena komponen ini yang akan mengikuti kemanapun gamer bergerak. Seperti diketahui, Pokemon Go memang merupakan game berbasis GPS.
Sampai-sampai ada dalam game yang mengharuskan gamer bergerak hingga 5 km demi menetaskan sebuah telur. Tapi akan lebih baik lagi kalau GPS yang terbenam di ponsel juga mendukung Glonass.
Dukungan ini memungkinkan GPS mengunci lebih cepat dan akurat. Tapi memang tidak semua ponsel memilikinya, dukungan Glonass umumnya hanya bisa ditemui di ponsel kelas atas semacam Galaxy S7 bikinan Samsung.
Malah tak cuma itu, berkat layar Super Amoled yang diusungnya, memainkan Pokemon Go di Galaxy S7 seharusnya juga lebih menyenangkan. Pewarnaan dengan saturasi tinggi yang ditonjolkan layar Super AMOLED bikin warna-warna dalam game Pokemon Go semakin hidup.
“Selain itu gamer juga tetap bisa leluasa memainkan Pokemon Go meski di bawah sinar matahari, berkat tampilan layarnya yang tajam,” tegas dia. Penggunaan kamera bisa bikin main Pokemon Go semakin seru.
Pasalnya dengan kamera yang mumpuni, tampilan Augmented Reality yang disodorkan Pokemon Go akan terasa lebih hidup. Salah satu kamera terbaik di ponsel kebetulan juga dimiliki oleh Galaxy S7.
Sebagai ponsel kelas atas, spesifikasi Galaxy S7 pastinya sudah lebih dari cukup untuk memainkan. Di tambah lagi ada fitur pengisian cepat, sehingga kalau baterai mulai menipis hanya perlu beberapa menit untuk membuat baterai terisi penuh. (mar)