Samsung Luncurkan Sepatu Golf

PINTAR : Iofit, sepatu golf pintar yang merupakan spin off dari Samsung.

JAKARTA - Saat ini telah banyak dijumpai berbagai peralatan pintar seperti smartphone, smartwatch, dan peralatan rumah pintar lainnya. Namun apakah hal tersebut juga bisa diterapkan pada sepatu? Hal tersebut bisa saja dilakukan, dan sepatu pintar pun bukan hal yang baru lagi saat ini.
Beberapa dari Anda mungkin masih ingat bahwa beberapa tahun yang lalu, Nike dan Apple bekerja sama di mana pengguna bisa memasukkan chip kecil ke sepatu lari mereka dan mengaitkan sepatu dengan sebuah aplikasi di perangkat iPhone, tapi jelas teknologi telah hadir jauh sebelumnya.
Jika Anda pecinta olah raga golf, maka sepatu pintar yang bernama Iofit ini mungkin sangat cocok. Sepatu pintar ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Asin Venture, yang merupakan spin-off dari Samsung.
Sebenarnya sepatu ini telah memulai debut pada awal Februari lalu, tetapi perusahaan baru saja meluncurkan mereka di Kickstarter dengan harapan mendapatkan pemasukan dana. Sepatu ini masih mengharuskan pengguna untuk melakukan sinkronisasi dengan smartphone.
Namun sensor akan tertanam ke dalam sepatu tersebut yang berarti bahwa Anda tidak perlu aksesori lain lagi. Ini akan dapat mendeteksi hal-hal seperti postur dan ayunan, jadi jika Anda salah melakukannya, aplikasi kemudian akan dapat memberi tahu Anda apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana memperbaikinya.
Berkat built-in sensor, juga dapat mendeteksi berat badan dan pergeseran berat selama mengayun. Sepatu Iofit datang dengan harga yang tidak murah karena sepatu tersebut dibanderol seharga $200 (Rp2,6 jutaan). Jika sepatu ini bermanfaat karena mengingatkan kesalahan mengayun stick golf, tentu ini merupakan sepatu yang berguna. (jpnn/mar)