Samsung Perkenalkan UFS Card Pengganti MicroSD


UFS CARD: Samsung Electronics meluncurkan kartu memori yang dapat dilepas, Universal Flash Storage (UFS), untuk menyimpan file resolusi tinggi.


JAKARTA - Samsung Electronics meluncurkan kartu memori yang dapat dilepas, Universal Flash Storage (UFS), untuk menyimpan file resolusi tinggi dari perangkat pengambil gambar mobile seperti DSLR, 3D VR kamera, action camera dan drone.
Kartu memori ini tersedia dalam berbagai kapasitas penyimpanan termasuk 256, 128, 64 dan 32 gigabyte (GB). Kartu UFS Samsung diharapkan membawa peningkatan kinerja yang signifikan untuk pasar penyimpanan memori eksternal, yang memungkinkan pengalaman multimedia yang lebih memuaskan.
"UFS 256GB kami akan memberikan pengalaman yang ideal untuk konsumen digital-minded dan memimpin industri dalam membangun solusi kartu memori yang paling kompetitif," kata Jung-bae Lee, senior vice president, Memory Product Planning & Application Engineering, Samsung Electronics, dalam keterangan tertulisnya di situs resmi Samsung.
"Dengan meluncurkan line-up UFS yang berkapasitas dan berperforma tinggi, kami mengubah paradigma pertumbuhan pasar kartu memori untuk memprioritaskan kinerja dan kenyamanan pengguna di atas segalanya," ujar dia.
Kartu memori UFS 256GB Samsung tersebut akan meningkatkan pengalaman pengguna, terutama dalam game 3D beresolusi tinggi dan juga memutar film beresolusi tinggi. Kinerja UFS diklaim lima kali lebih cepat dibandingkan microSD yang mampu membaca 530 megabytes per second (MB/s). Dengan kartu UFS ini, konsumen memiliki kemampuan untuk membaca film 5GB, Full-HD di sekitar 10 detik, dibandingkan dengan UHS-1 card microSD, yang akan memakan lebih dari 50 detik dengan kecepatan membaca 95MB/s.
Tidak hanya itu, pada tingkat membaca acak 40.000 IOPS, UFS 256GB diklaim mampu memberikan kinerja lebih dari 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan microSD yang menawarkan sekitar 1.800 IOPS. Dalam hal menulis, UFS 256GB memproses 35.000 IOPS, yang 350 kali lebih tinggi dari 100 IOPS microSD, dan mencapai kecepatan tulis 170MB/s, hampir dua kali lipat kecepatan microSD tertinggi.
Dengan peningkatan kinerja yang cukup besar, UFS 256GB secara signifikan mengurangi waktu unduh data multimedia, waktu loading foto thumbnail dan waktu buffer dalam mode shooting, yang secara kolektif dapat sangat bermanfaat bagi pengguna kamera DSLR. (ra/cnn/udi)