Samsung Z2, Smartphone Tizen Terbaru


TERBARU : Samsung resmi mengenalkan smartphone Tizen terbarunya, yakni Z2 yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

MALANG - Tepat Selasa (23/8), Samsung resmi memperkenalkan Z2. Yakni smartphone Tizen pertamanya yang mendukung jaringan 4G LTE. Ponsel ini menjadi generasi smartphone Tizen terbaru, yang akan dipasarkan di beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia.
Dalam lamannya, harga perangkat tersebut bervariasi di setiap negara. Di India misalkan, smartphone ini dibanderol dengan harga $68 atau setara dengan Rp 900 ribuan. Namun di Indonesia, harganya diperkirakan berkisar Rp 1 jutaan.
Hari Subagyo, pemilik OM Cell, Gajah Mada Plasa Malang mengatakan, kehadiran Z2 ini akan membawa Samsung untuk menembus pasar smartphone di kelas entry level. “Ponsel itu sudah dirancang dengan beberapa fitur untuk pasar negara berkembang,” ungkapnya.
 Sebagai permulaan, smartphone tersebut mengusung modus ultra data saving, modus S Bike, serta aplikasi My Money Transfer. Semua fitur ini dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat adopsi smartphone di pasar negara berkembang.
“Spesifikasi yang dibawa smartphone ini cukup memadai untuk kelas low end,” lanjut dia. Seperti Z2 sudah memiliki layar AMOLED seluas 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel serta ditenagai oleh prosesor quad core 1.5GHz yang cukup powerfull.
RAM 1GB terpasang di Z2 ini dan penyimpanan internal sebesar 8GB yang masih bisa diperluas menggunakan kartu micro SD hingga 128GB.  “Smartphone ini dilengkapi dual slot SIM yang sudah mendukung jaringan 4G LTE dan baterai sebesar 1.500mAh yang bisa dihemat dengan mode Ultra Power Saving,” tegasnya.
Untuk keperluan foto, smartphone ini memiliki kamera utama beresolusi 5 megapiksel. Sementara untuk selfie dapat menggunakan kamera depan beresolusi VGA. “Smartphone ini hadir dalam pilihan warna Gold, Black, dan Wine Red,” tutup Hari kepada Malang Post. (mar)