Merchandise Grafir Akrilik Bernuansa Budaya

 
MALANG - Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) membuat desain grafir akrilik bernuansa kearifan lokal untuk merchandise. Inovasi tersebut diikutkan dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), 23 Agustus di Makassar. 
Desain grafir akrilik bernuansa budaya ini merupakan hasil kreativitas tium UM yang terdiri dari Aji Setiawan,  Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Alfina Musfira dan Ekki Septian Putra dari Jurusan Pendidikan Akuntansi. Selain itu tim ini juga beranggota Monica Widyaswari dan Teguh Dewangga. Sementara Andreas Syah Pahlevi sebagai pembimbing.  
“Kami membuat produk merchandise grafir akrilik yang tidak hanya bernilai estetika namun juga merepresentasikan nilai kearifan lokal khas beberapa daerah,” ungkap Ketua Tim, Aji Setiawan.
Aji menjelaskan, selama ini seni grafis tradisional hanya bermuara pada produk-produk tekstil seperti batik. Padahal, lanjutnya, motif batik dapat dituangkan dalam media lain seperti akrilik. Pemilihan akrilik sebagai media, menurut dia,  sebab benda ini sering dijadikan sebagai merchandise untuk sebuah ajang perlombaan.
Tidak hanya berhenti pada ajang perlombaan, kreativitas tersebut  diproyeksi 
jangka panjang dari aspek bisnis.  Anggota tim ini ingin memperluas ekspansi pasar dan mengembangkan produk tersebut. 
“Produk ini selain bisa memenuhi kebutuhan costumer secara personal juga dapat menjamah  ke pelaku bisnis. Yaitu memenuhi kebutuhan UMKM yang sangat menjamur di Jawa Timur dalam desain grafir, ” ungkap Aji.  
Mahasiswa DKV  tersebut menambahkan bisnis merchandise akrilik ini memiliki pangsa pasar yang sangat potensial. Terutama saat ini  hampir seluruh kota dan kabupaten di Indonesia berlomba-lomba memburu predikat sebagai kota kreatif. Selain itu bisnis industri kreatif tidak pernah menyusut peminatnya. 
Ia mengatakan, selain desain, potensi pasar juga penyebab gagasannya tersebut lolos diajang Pimnas.  “Sesuai dengan tagline kami yaitu mengunci ingatan dalam benda tak terlupakan,” pungkas mahasiswa asal Pare. (sin/adv/van)  

Berita Lainnya :