Maksimalkan Musrenbang, Pembangunan Tepat Sasaran

 
MALANG - Sekretaris Komisi C DPRD Kota Malang, Drs EC RB Priyatmoko Oetomo MM menggelar reses II tahun 2018 di dapilnya, Lowokwaru, Rabu (30/5). Moko, sapaan akrab politisi PDI Perjuangan ini mengajak warga berpartisipasi dalam pembangunan. 
“Tanpa ada partisipasi masyarakat maka pembangunan tidak maksimal. Bahkan bisa saja pembangunan tidak sesuai tujuan hakikinya yakni untuk mensejahterakan masyarakat,” papar Moko. 
Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Malang ini lantas mengajak warga berperan aktif dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Menurut dia, musrenbang merupakan salah satu media warga berperan dalam pembangunan. 
“Usulan masyarakat bisa disampaikan dalam musrenbang yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota. Lalu usulannya disampaikan juga ke dewan sehingga dikawal dan diperjuangkan,” katanya. 
Lebih lanjut dia menjelaskan, selain itu usulan pembangunan bisa disampaikan melalui dewan. Salah satu momennya yakni pelaksanaan reses. Semua usulan yang disampaikan dalam reses akan dibahas di dewan. 
“Peran serta lainnya yakni ikut mengawasi pembangunan.  Sehingga pembangunan tepat waktu, tepat sasaran dan mengutamakan kualitas,” kata dia. 
Moko pun mengajak warga berdiskusi tentang berbagai persoalan masyarakat dan solusinya. Sehingga bisa usai reses bisa membantu warga mengatasi persoalan yang selama ini dikeluhkan. 
Seperti anggota dewan lainnya, ia juga menyebar lembaran aspirasi kepada warga. Tujuannya agar warga yang tak bisa mengutarakan secara langsung bisa disampaikan secara tertulis. (van) 

Berita Lainnya :