Ajak Warga Kawal Pembangunan

 
MALANG - Warga harus ikut mengawasi jalannya pembangunan. Jika menemukan adanya penyimpangan, wajib melaporkan kepada DPRD Kota Malang atau instansi terkait. Tujuannya agar  pembangunan sesuai aturan dan menjaga kewibawaan pemerintah. 
Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Harun Prasojo SH saat menggelar reses II tahun 2018 di dapilnya, Sukun, Rabu (30/5). Dialog yang digelar Harun diikuti warga dari berbagai kalangan. 
Sebelum menjelaskan peran warga dalam mengawasi pembangunan, Harun menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Komisi C. Di antaranya mengawasi jalannya pembangunan infrastruktur dan perhubungan.  
“Silahkan menyampaikan temuan di sekitar lingkungannya terkait penyimpangan pembangunan. Termasuk pembangunan yang tidak sesuai ketentuan atau aturan. Inilah peran penting warga,” paparnya. 
Politisi PAN ini lalu mengingatkan jika warga melaporkan temuan maka dewan langsung menindaklanjuti. Sehingga aturan ditegakan. Ia mencontohkan pembangunan Transmart yang belum memiliki IMB. Ketika mengetahui persoalan tersebut, Komisi C langsung mengajak  instansi terkait, Satpol PP dan Dinas PUPR turun ke lokasi. 
Tak hanya memaparkan tupoksi Komisi C, Harun juga menjaring aspirasi. Begitu memberi kesempatan kepada warga, ia langsung panen keluhan. Di antaranya masalah pembangunan Balai RW 02 Kelurahan Tanjungrejo yang belum juga direspon pemkot. Padahal sudah diusulkan sejak Januari lalu. 
“Persoalan ini langsung kami tindaklanjuti. Kami akan tanyakan kepada instansi terkait agar segera merespon. Sebab pembangunan Balai RW tentu berkaitan dengan kepentingan warga,” katanya. (van) 

Berita Lainnya :

loading...