Maksimalkan Peran RT dan RW

 
MALANG - Anggota Komisi A DPRD Kota Malang Letkol (Purn) Suparno HW menggelar reses II tahun 2018 di dapilnya, Blimbing, Kamis (31/5) kemarin. Warga, termasuk para ketua RT dan RW antusias mengikuti kegiatan untuk menjaring aspirasi sekaligus edukasi publik itu. 
Sebelum menjaring aspirasi, Suparno menjelaskan tentang kewaspadaan nasional. Apalagi sejumlah kasus serangan teroris sempat terjadi di berbagai daerah.
“Situasi seperti ini membutuhkan kepedulian warga. Menjaga stabilitas dan keamanan wilayah tanggungjawab kita bersama,” kata purnawiraan TNI AD ini. 
Karena itulah dia mengajak warga supaya mengaktifkan kembali siskamling di semua wilayah. Apalagi menurut Suparno, sikamling tak sekadar menjaga lingkungan tapi memiliki fungsi sosial. Di antaranya menjaga kebersamaan warga. 
Khusus kepada para ketua RT dan RW, Suparno memperkuat komunikasi. Ia berpesan agar mereka langsung menginformasikan jika terdapat hal-hal yang mencurigakan. Sehigga bisa langsung ditindaklanjuti aparat keamanan.
“Jangan sampai ada kejadian baru bertindak. Nanti warga bisa dirugikan,” pesan Bendahara Fraksi Gerindra DPRD Kota Malang ini. 
RT dan RW lanjut dia memiliki peran strategis. Sebab mereka merupakan salah satu jaringan sosialisasi kebijakan pembangunan dan aspirasi. Karena itulah Pemkot Malang harus memberi perhatian serius kepada para ketua RT dan RW. 
Lebih lanjut anggota Badan Musyawarah DPRD Kota Malang ini menjaring aspirasi dari warga. Ia mempersilahkan warga menyampaikan usulan dan saran terkait pelayanan publik maupun kebijakan pembangunan di Kota Malang. 
Dialog dalam rangka reses yang digelar Suparno juga diikuti warga dari berbagai latar belakang hingga lansia. Generasi muda juga ikut serta dalam kegiatan reses. (van)

Berita Lainnya :

loading...