magista scarpe da calcio Merubah Gaya Hidup Masyarakat dengan Vertical Garden


Merubah Gaya Hidup Masyarakat dengan Vertical Garden

 
MALANG - Demi mewujudkan program penghijauan desa, mahasiswa KKN 128 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerapkan program vertical garden (taman vertikal) dan penghijauan di Desa Kromengan Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Program ini sejalan dengan program desa setempat yaitu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). 
Acara yang yang dihadiri oleh Sekretaris Desa Kromengan, perwakilan Rukun Tetangga (RT), serta masyarakat Desa Kromengan pada Rabu (16/8) itu, dilakukan dengan mempraktikkan secara langsung bagaimana cara menanam dan merawat vertical garden yang mudah dan efisien. 
Wandha Putri selaku ketua pelaksana menjelaskan, vertical garden adalah cara penanaman yang didesain untuk diletakan pada lahan yang kecil. Dan vertical garden ini bisa menambah nilai estetika atau keindahan pada sebuah taman atau lahan. 
‘’Untuk pembuatannya, media yang paling mendasar yaitu pupuk, sekam, tanah, sekam dan tanah. Dengan perbandingan 1 banding 1 disertai lubang pembuangan air samping bawah botol,’’ ungkap Wandha kepada Malang Post soal teknis pembuatan vertical garden.
Acara berlangsung sukses dan meriah. Masyarakat yang hadir tampak sangat antusias dalam memasang vertical garden yang telah disiapkan oleh panitia. Acara ini dilanjutkan dengan pemberian 30 buah tanaman pucuk merah dari KKN 128 UMM untuk Desa Kromengan yang diterima oleh Arifin Triatmojo, SP selaku Sekretaris Desa Kromengan Kabupaten Malang. 
‘’Vertical garden dan pemberian tanaman Pucuk Merah ini diharapkan bisa menyukseskan program KRPL dan dapat merubah gaya hidup masyarakat dengan menanam dan memanfaatkan tanaman pertanian. Seperti bayam, selada, dan seledri,’’ harap Wandha. 
Arifin Triatmojo, SP Sekretaris Desa Kromengan mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan mahasiswa KKN 128 UMM ini. “Program ini diharapkan bisa menjadi penyemangat warga yang bisa menimbulkan dan meningkatkan pentingnya penghijauan pada lingkungan sekitar. Masyarakat juga bisa percaya apa yang ditanam bisa bermanfaat bagi diri mereka sendiri,” ucap Arifin.
Program Vertical Garden dan penghijauan ini bukanlah satu-satunya program kerja yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN 128 UMM di desa setempat. Program lainnya yang berguna untuk menyejahterakan masyarakat Desa Kromengan, khususnya Dusun Krajan, yaitu cara menggosok gigi yang baik di SD sekitar, penyuluhan pemandian jenazah, pelatihan tari tradisional, penyuluhan HIV/AIDS dan Bank Sampah. 
Selain itu demi meningkatkan perekonomian warga, digelar penyuluhan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan singkong sebagai bahannya untuk dijadikan brownies dan nugget. ‘’KKN 128 UMM menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata selama satu bulan, yang akan berakhir pada tanggal 24 Agustus 2017. Pada tanggal 22 Agustus nanti, kami akan menggelar pengajian bersama di Masjid Al-Ikhlas dan pemotongan tumpeng sebagai acara terakhir sekaligus berpamitan dengan seluruh masyarakat Dusun Krajan Kromengan. Semoga apa yang sudah kami lakukan dan kerjakan bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat,’’ pungkas Arifin Murian selaku koordinator desa KKN 128 UMM.(*/adv/lim)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top