Berdayakan Napi Wanita, Gelar Pelatihan Lukis Hijab

 
MALANG - Mahasiswi jurusan Tata Busana Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pelatihan serta pembinaan lukis hijab kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wanita, Sukun, Malang. Ketiga mahasiswi tersebut masing-masing, Selena Johanna Putri, Fira Dia Ayu Candra, dan Nurul Hidayah.
Kelompok yang dibimbing Dr  Agus Hery Supadmi Irianti M.Pd ini menuangkan ide untuk membuat program pelatihan tersebut karena berbagai alasan. Sebab adanya permasalahan yang dialami mantan narapidana setelah hukumannya berakhir. Yaitu sulitnya bagi mereka untuk kembali ke kehidupan bermasyarakat.
Selena, salah satu anggota kelompok menerangkan, pelatihan pembuatan hijab lukis ini dilakukan di Lapas Wanita Klas II A Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 warga binaan yang dilaksanakan selama 2 hari. Pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.“Pelatihan pada hari pertama berisi materi-materi di antaranya yaitu pengetahuan alat dan bahan untuk hijab lukis, materi tentang unsur dan prinsip desain pembuatan hijab lukis, materi teknik lukis dengan hand painting dan materi perencanaan usaha pemasaran hijab lukis. Sedangkan pada hari kedua yaitu pembuatan hijab lukis pada media asli atau hijab,” paparnya.
Peserta pelatihan begitu antusias dengan program pelatihan ini. Mereka tertib mengikuti jadwal kegiatan yang diberikan Tim PKM. Selain itu peserta juga bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan karena setiap peserta wajib menyelesikan  hijab lukis sesuai waktu yang telah ditentukan.
Peserta pelatihan juga mengganggap bahwa pelatihan ini merupakan hal baru bagi mereka. Sehingga mereka sangat tertarik untuk mengikuti dan mempelajarinya. Tim PKM berharap agar dengan diadakannya pelatihan tersebut akan mampu membekali warga binaan lembaga pemasyarakatan. Sehingga jika kelak hukuman berakhir, mereka akan memiliki keterampilan yang dapat digunakan untuk membuka usaha yang dikelola secara mandiri. (sin/adv/van) 

Berita Lainnya :

loading...