magista scarpe da calcio Optimalkan Potensi Desa Pamotan


Optimalkan Potensi Desa Pamotan

 
MALANG - Rangkaian program kerja unggulan telah dilaksanakan oleh 30 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 136 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. KKN yang berlangsung selama 28 hari (26 Juli sampai 24 Agustus), diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi desa melalui rangkaian program unggulan. Yakni penyuluhan hidup sehat, seminar kewirausahaan, pengobatan gratis hingga pengembangan wisata alam Umbulan Desa Pamotan.
Oktarina Sari penanggungjawab program kerja (proker) penyuluhan hidup sehat menjelaskan, salah satu program unggulan KKN 136 UMM yaitu penyuluhan hidup bersih dan sehat serta healthy food. Kegiatan yang berlangsung sukses ini  digelar di SDN 6 Pamotan, Kamis (3/8) lalu.
Tujuannya memberikan edukasi tentang tata cara menjaga kebersihan diri. Terutama tangan dan gigi serta memberikan arahan kepada siswa-siswi terkait makanan yang sehat dan layak untuk dikonsumsi. 
‘’Antusias peserta sangat terasa saat Meilisa Putri, selaku pemateri dari Divisi Pendidikan dan Keagamaan memberikan penyuluhan terhadap mereka yang masih kurang memperhatikan kebersihan. Terutama dalam memilih makanan di sekolah. Dengan program ini, mahasiswa KKN ikut menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada anak-anak usia dini,’’ terangnya kepada Malang Post.
M Rais Afkar, penanggungjawab proker seminar kewirausahaan dari Divisi Ekonomi menjelaskan, pada Selasa (8/8) lalu, telah dilakukan seminar kewirausahaan di rumah warga di Dusun Sumberayu desa setempat.
Temanya "Sosialisasi Izin Usaha dan Kewirausahaan” dengan menggandeng Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).Ade Suparsih S.P yang hadir sebagai pemateri menyampaikan materi terkait izin usaha yang menjadi program Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang.
‘’Harapan dari sosialisasi ini untuk membantu UMKM di dusun Sumberayu agar lebih termotivasi berwirausaha. Apalagi sebagian besar mata pencaharian warga sebagai petani dan pembuat batu bata,’’ harapnya. 
Program unggulan selanjutnya yaitu pengobatan gratis untuk masyarakat yang kurang mampu di Dusun Sumberayu Desa Pamotan, Selasa (15/8). Berlokasi di rumah Warsinem, warga RT 02/RW 23, warga tampak antusias. Mereka rela berjalan kaki walaupun jarak cukup jauh. Mayoritas penyakit yang diderita warga adalah stroke.
‘’Dokter yang kami datangkan merupakan alumni Fakultas Kedokteran (FK) UMM, dr. Galih Radityo Prabowo beserta timnya yang juga mahasiswa aktif FK UMM,’’ ungkap Fatih Anggoro W, penanggungjawab proker pengobatan gratis.
Program unggulan terakhir, yaitu pengembangan wisata alam Umbulan di Dusun Umbulrejo Desa Pamotan.
‘’Di tempat wisata yang minim infrastruktur yang memadai ini, KKN 136 UMM merevitalisasi wisata ini dalam bentuk fisik. Yaitu dengan penanaman 50 pohon Palm, plat untuk sport foto serta pembersihan area tempat wisata,’’ jelas Radianto, penanggungjawab proker pengembangan wisata alam.
‘’Selaku pengelola, saya berterima kasih atas bantuan serta kontribusi mahasiswa KKN 136 UMM dalam peningkatan potensi alam di wisata Umbulan. Harapan ke depan, adanya volume peningkatan dari UMM, mungkin dalam bentuk pembinaan-pembinaan di luar ini, terkait dengan sumberdaya manusianya. Barangkali bisa mengirimkan duta-duta mahasiswanya, untuk bisa memasuki wilayah kita. Dengan begitu, wisata Umbulan bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing,’’ harap Muhammad Joko Pribadi selaku pengelola wisata Umbulan di hadapan Kordes Reno Aldian Falis dan seluruh anggota KKN 136 UMM.(adv/lim)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang