STIKES Kepanjen Kurban Tiga Sapi

 
MALANG - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kepanjen memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H dengan menyembelih tiga ekor sapi dan satu ekor kambing, Jumat (1/9). Penyembelihan hewan kurban ini sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti tertera pada poin tiga yakni Pengabdian Masyarakat.
Penyembelihan kurban, dilaksanakan usai salat Idul Adha di halaman kampus tersebut. Ibadah salat yang diikuti masyarakat serta keluarga besar STIKES Kepanjen berlangsung khidmat. Usai salat, para mahasiswa, dosen serta karyawan bergegas ke belakang kampus untuk mempersiapkan pelaksanaan penyembelihan empat hewan kurban.
Pelaksanaan penyembelihan kurban ini, disaksikan langsung Ketua STIKES Kepanjen, dr. H. Abdurachman MKes. Usai menyembelih empat ekor hewan kurban, kemudian mengulitinya dan memotong kecil-kecil dagingnya. Sebelum dimasukkan ke dalam kresek untuk didistribusikan, daging kurban tersebut dicuci terlebih dahulu.
Ketua STIKES Kepanjen, Abdurachman mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Terutama sasarannya adalah warga kurang mampu dan kaum dhuafa. Supaya mereka dapat merasakan kebahagiaan memakan daging pada Hari Raya Idul Adha.
“Pemotongan hewan kurban dan pendistribusiannya kepada warga kurang mampu ini juga sekaligus sebagai implementasi poin tiga pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam hal ini pengabdian masyarakat,” Abdurachman, kepada Malang Post. Dia memastikan pendistribusiannya tepat sasaran kepada yang membutuhkan.
“Kami mendistribusikan daging hewan kurban ini ke beberapa perkampungan warga miskin yang membutuhkan,” kata Gus Dur sapaan akrabnya. 
Sedangkan mekanismenya kata dia, yakni masyarakat penerima daging kurban diberi kupon terlebih dahulu. Kemudian, kupon yang dipegang warga penerima itu ditukarkan dengan daging kurban.
Gus Dur menjelaskan, selain meniru keteladanan Nabi Ibrahim yang mengorbankan putranya Nabi Ismail, kurban ini juga sekaligus memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong. “Seluruh keluarga besar STIKES Kepanjen mulai dari mahasiswa hingga dosen bahu membahu membantu mensukseskan pelaksanaan kurban kali ini,” tutupnya.(big/ary)  

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...