Kuras Energi di Babak Final


TUREN – Partai puncak Djarum Kejuaraan Bulutangkis 2017 Kabupaten Malang digelar Rabu (18/10). Seluruh atlet yang lolos babak delapan besar saat pertandingan kemarin di Gedung Olahraga (GOR) SMAN 1 Turen bertanding pada partai semifinal hingga final. Beberapa atlet unggulan, diprediksi melenggang mulus ke partai puncak ajang bergengsi ini.
Panitia Pelaksana Djarum Kejuaraan Bulutangkis 2017, Purbawisata mengatakan, beberapa atlet yang masuk unggulan memang berjaya pada kejuaraan ini. “Para atlet unggulan seperti Nadia, Arista dan Antoni lolos ke babak delapan besar. Saya prediksi mereka juga lolos ke babak final,” ujarnya kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, para atlet yang masuk daftar unggulan tersebut, memang memiliki kualitas di atas rata-rata. “Mereka tinggal menjaga konsistensi dalam setiap pertandingan. Lantaran tidak mudah bermain pada Kejuaraan kali ini. Pertandingannya hanya berlangsung empat hari dan berlangsung ketat,” kata Purbawisata.
Menurutnya, pertandingan yang ketat ini tentunya sangat meguras energi dari seluruh peserta. “Kuncinya mereka harus bisa mengatur stamina,” imbuhnya. Selanjutnya, dia menjelaskan mekanisme pertandingan pada hari terakhir tersebut. Pertandingan digelar mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.
Pertandingan diawali dengan babak semifinal untuk usia anak-anak, usia dini, taruna hingga dewasa. “Kemudian, dilanjutkan dengan pertandingan final pada hari itu juga. Sehingga, para pemain yang lolos babak final harus pandai mengatur stamina dengan baik. Partandingan kelompok usia dini dan anak-anak, memang diutamakan,” terangnya.
Setelah seluruh pertandingan final anak-anak dan usia dini selesai, kata dia, dilanjutkan partai semifinal serta final untuk kelompok Taruna dan dewasa. “Selain itu, ada pertandingan tambahan berupa veteran. Hal inilah yang membuat jalannya pertandingan hari terakhir lebih lama hingga malam hari,” katanya.
Dia menjelaskan, nantinya setelah diketahui siapa yang menjadi juara, maka langsung dilakukan prosesi pengalungan medlai. “Nantinya yang akan mengalungkan medali kepada para pemenang yakni dari PBSI, KONI sera perwakilan dari Djarum,” tuturnya.
Selanjutnya, dia berharap melalui ajang ini, akan menghasilkan atlet-atlet pebulutangkis usia dini berkualitas yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Malang. Baik untuk event lokal, nasional maupun internasional. (big/bua)

Berita Lainnya :

loading...