Buruh PR Dilatih Keterampilan Glass Painting

 
MALANG – Para pekerja di pabrik rokok harus meningkatkan keterampilannya untuk dapat menambah penghasilan keluarga. Salah satunya dengan keterampilan glass painting yang diberikan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang sebagai pembinaan dan keterampilan kerja bagi usaha mikro masyarakat.
Acara yang digelar di Same Hotel Kota Malang, Senin (23/10) itu, diikuti 50 orang peserta.
"Karena kegiatan ini menggunakan dana cukai, maka keseluruhan peserta kegiatan kali ini adalah buruh pabrik yang masih aktif dari sembilan pabrik rokok yang ada di Kota Malang" kata Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang,  Martha MRL Tobing.
Martha menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memunculkan wirausaha baru yang dapat memberikan keterampilan baru.
"Nantinya jika mereka di PHK,  maka mereka sudah memiliki keterampilan baru yang dapat dijadikan modal untuk membuka usaha sendiri,” terangnya.
Dipilihnya glass painting dan olahan makanan karena kegiatan tersebut mudah dilakukan, serta sangat diminati oleh para buruh.
"Kedepan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang akan melaksanakan kegiatan lanjutan untuk mereka agar mendapatkan sertifikasi serta memberikan pengetahuan yang lebih jauh terkait bidang usaha nya masing-masing, karena kami juga menginginkan agar Usaha Mikro di Kota Malang makin meningkat melalui program UKM Naik Kelas" tuturnya.
UKM Naik Kelas adalah program untuk meningkatkan dan memajukan kualitas UKM yang ada di Kota Malang agar dapat memasarkan produknya sampai ke tingkat nasional atau bahkan di tingkat internasional.
Kasie Pengembangan dan Penguatan Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro,  Nugroho Nanang J menambahkan, pelatihan ini digelar selama empat hari, tiga hari parktik dan sehari teori. Pelatihan ini bukan kali pertama digelar. Beberapa bulan sebelumnya juga di gelar.
"Ini adalah program. Kalau sebelumnya pelatihannya adalah melukis kain dan melukis kain perca, juga membuat makanan olahan. Pesertanya juga berbeda-beda," tambahnya.(ira/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...