magista scarpe da calcio Kerja Sama Dispora, SMK PGRI 3 Gembleng 69 Pemuda


Kerja Sama Dispora, SMK PGRI 3 Gembleng 69 Pemuda


MALANG - SMK PGRI 3 bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Malang mengadakan pelatihan fotografi dan desain grafis untuk pemuda. Keterampilan ini diberikan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa wirausaha pada para pemuda. Kegiatan ini tak hanya diikuti siswa SMK, tapi juga perwakilan pemuda dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang.
Wakil Kepala PGRI 3 Murdiyanto mengharapkan, selama satu minggu ke depan peserta bisa menikmati proses pelatihan dengan baik. Ia mengharapkan, setelah selesai pelatihan ini, para peserta tidak hanya sekadar mendapatkan ilmu dan keterampilan saja, namun juga bisa mengamalkannya ketika mereka sudah kembali ke rumahnya.
“Mudah-mudahan pelatihan ini bisa memberikan banyak manfaat di tengah persaingan seperti ini. Peserta pelatihan harus punya target, apa yang akan mereka lakukan setelah ini,” kata Murdiyanto.
Pelatihan ini diikuti oleh 69 peserta dari lima kecamatan di Kota Malang. Pelatihan ini, merupakan pelatihan kali pertama yang dilakukan oleh Dispora Kota Malang dalam bidang digital dan visual. Selama satu minggu, Senin (6/11) - Jumat (10/11) peserta mendapatkan materi keterampilan membuat hasil visual yang bagus, yang bisa dikemas menjadi produk, untuk mengurangi angka pengangguran dan merangsang pemuda membuat lapangan pekerjaan baru. Tema pelatihan ini adalah, "Peningkatan upaya penumbuhan kewirausahaan Kecakapan Hidup melalui pelatihan foto grafis dan desain grafis bagi pemuda tahun 2017".
Trainer pelatihan yang juga guru SMK PGRi 3 Akbar Muhammad S.Pd mengatakan, untuk materi fotografi, ia mengajarkan materi tentang anatomi camera, pencahayaan dan komposisi. Menariknya, walaupun dalam pelatihan ini peserta diutamakan menggunakan kamera DSLR, namun ia juga akan memberikan materi fotografi dari Smartphone.
“Seni berfotografi bukan saja memotret dengan camera. Tapi seni fotografi, bisa digunakan juga dengan alat lain yang mempunyai aplikasi ini. Terlebih lagi saat ini, masyarakat banyak yang mempunyai gadget atau HP, dibandingkan dengan DSLR,” kata Akbar.
Ia tidak ingin menghambat semangat peserta, karena keterbatasan alat yang peserta miliki. Untuk obyek foto, Akbar mengungkapkan, ia memberikan kesempatan kepada peserta untuk memotret spot objek indoor dan outdoor. Untuk indoor, Akbar mengungkapkan, ia menyediakan studio khusus foto. Sedangkan untuk outdoor, ia mempersilakan peserta memotret spot yang ada di PGRI 3.
“Untuk spot foto outdoor, peserta bisa memanfaatkan area disekitar sekolah kami. Kami membebaskan peserta untuik melakukan kreatifitas mereka. Saya yakin setelah mereka diberikan teori, pasti sudah bisa mengatur sendiri bagaimana membuat spot foto jadi indah dan menarik,” jelas Akbar.
Selain fotografi, materi desain grafis juga akan diberikan pada pelatihan ini. Untuk materi desain grafis, ia menjelaskan, alat-alat sudah disediakan sekolah. Untuk materi desain grafis, ia akan mengajarkan membuat desain dengan gambar, mengatur resolusi warna, sampai produk siap untuk di printing. Media yang akan digunakan adalah kain, atau kaos yang sudah siap pakai. “Printing nanti kami pakai mesin printing. Sudah kami sediakan juga. Untuk keterampilan ini, kami menyarankan kepada mereka untuk membuat bisnis secara berkelompok, karena mungkin membutuhkan modal yang sedikit besar untuk alat,” kata Akbar. (sin/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top