DPKPCK Pasang 15 Unit Toilet

 
MALANG – Sebanyak 15 Toilet dipasang di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS) mulai dari Pantai Bajul Mati, hingga Pantai Ungapan. Toilet yang dipasang Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini bisa dimanfaatkan masyarakat yang berbondong-bondong datang ke ke JLS pada akhir pekan ini.
Ribuan masyarakat serta wisatawan dipastikan memadati JLS pada akhir pekan ini bisa tenang. Mereka tak perlu khawatir untuk urusan toilet saat menyaksikan Kontes Miniatur Truck dan Pawai Budaya.
Selain itu, mereka bisa menikmati atraksi lainnya yang dikemas melalui Malang Beach Festival 2017 dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 1257 Kabupaten Malang. Diantaranya, surfing, perahu naga dan jetski akan menjadi tontonan yang mengibur warga serta wisatawan.
Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Ir Wahyu Hidayat MM mengatakan, pemasangan 15 toilet tersebut untuk memberikan kemudahan sanitasi bagi masyarakat dan wisatawan. Sehingga, masyarakat bisa mempergunakan fasilitas toilet tersebut.
“Toilet yang kami pasang merupakan jenis portable. Sehingga, bisa dipasang, dobongkar dan ditempatkan di area pusat kegiatan masyarakat,” ujar Wahyu kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, setiap ada pusat kegiatan masyarakat, maka dibutuhkan toilet sebagai sarana sanitasi. Sehingga, pihaknya berkewajiban menyediakan fasilitas tersebut.
“Masyarakat maupun wisatawan yang menyaksikan berbagai kegiatan Malang Beach Festival termasuk pawai budaya, bisa memanfaatkan fasilitas toilet tersebut,” kata mantan Camat Tajinan ini.
Selain memasang toilet umum, pihaknya juga memasang toilet VVIP yang khusus dipergunakan bagi Bupati Malang dan jajaran Forpimda Kabupaten Malang.
“Pemasangan toilet ini olehh UPT Pengelolaan Limbah Domestik DPKPCK.  Tugas dari UPT ini salah satunya menyediakan fasilitas berupa toilet ini,” kata mantan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang ini.
Menurutnya, fasilitas umum salah satunya berupa toilet, wajib ada ketika di suatu tempat di Kabupaten Malang ada kegiatan yang melibatkan massa. Apalagi sambung Wahyu, sepanjang JLS ini merupakan daerah yang dijujuki oleh wisatawan.
“Ini merupakan komitmen kami dalam menyediakan fasilitas umum berupa toilet. Sekaligus kami mendukung penuh atas penyelenggaraan kegiatan Malang Beach Festival dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Malang ini,” pungkasnya. (big/bua)

Berita Lainnya :