Keren, Saskara, Mercusuar Pos dan Jong Indische


MALANG - Hebat, Luar Biasa dan Keren!! Mahasiswa semester 7 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI FKIP) UMM sukses melaunching tiga koran sekaligus. Yaitu Saskara, Mercusuar Post dan Jong Indische yang masing-masing dicetak 1000 eksemplar. Ketiga koran hasil kerjasama dengan Malang Post ini diluncurkan Sabtu (12/1) lalu dalam acara ‘Peluncuran Koran dan Penganugerahan PKL Jurnalistik’ di Aula BAU UMM.
Menariknya bersamaan peluncuran koran juga digelar Penganugerahan PKL Jurnalistik. Yaitu ajang yang mengapresiasi kinerja jurnalistik mahasiswa dalam membuat koran selama hampir 3 bulan, September – Desember 2018. Ada 16 nominasi yang diperebutkan dengan 32 piala. Di antaranya Pemimpin Perusahaan Berbakat, Pemimpin Redaksi Berbakat, Wartawan Berbakat, Fotografer Berbakat, Berita Terbaik, Foto Terbaik, Manager Iklan Berbakat, Manager Pemasaran Berbakat, Manager Keuangan Berbakat, Sekretaris Redaksi Berbakat dan Koran Terbaik 1, 2 dan 3.
Proses pembuatan koran ini merupakan praktik mata kuliah PKL Jurnalistik. Diawali dengan petunjuk teknis pembuatan perusahaan dan konsep koran serta schedule kerja pada 15 September 2018. Selanjutnya paparan konsep, dan dilanjutkan dengan peliputan langsung di lapangan mulai bulan Oktober 2018.
‘’Penulisan dan editing berita mulai pertengahan Oktober sampai pertengahan Desember. Setelah itu masing-masing kelas melakukan layout di Malang Post dibantu tim artistik Malang Post pada minggu ketiga Desember dilanjutkan dengan revisi. Dan 5 Januari 2019, koran dicetak di percetakan Jawa Pos,’’ jelas Abdul Halim, dosen pembimbing mata kuliah PKL Jurnalistik.

Berita Terkait

Berita Lainnya :