Sosialisasi Aturan Bangunan Gedung Secara Rutin


Foto : Ketua DPRD Kota Malang Drs Abd Hakim

MALANG - Ketua DPRD Kota Malang Drs Abd Hakim mengajak semua kalangan untuk taat Perda Bangunan Gedung. Sebab Perda Nomor 1 Tahun 2004 itu dibuat untuk kepentingan publik dan demi terwujudnya tata kota yang ideal. Perda tersebut pun harus disosialisasikan secara masif kepada masyarakat luas.
“Semua pihak harus memahami tujuan pengaturan bangunan gedung. Ini merupakan prinsip awal yang harus diketahui dan dipahami bersama. Karena itulah pentingnya sosialisasi kepada masyarakat luas,” jelas Hakim, sapaan akrab Abd Hakim.
Ia mengurai tujuan pengaturan bangunan gedung yang diatur dalam Perda 1 Tahun 2004 tentang Bangunan Gedung. Pertama katanya, untuk mewujudkan bangunan yang fungsional dan sesuai dengan tata bangunan yang serasi dan selaras dengan lingkungan.
Tujuan kedua, lanjut Hakim, untuk mewujudkan tertib penyelenggaraan bangunan gedung yang menjamin keandalan teknis bangunan dari sejumlah segi. Yakni keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.  
“Selain itu untuk mewujudkan kepastian hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung,” tandas Hakim.
Tujuan  pengaturan bangunan gedung yang dijelaskan Hakim tersebut mengacu pada pasal 3 Perda 1 Tahun 2004. Selain itu lanjutnya, semua kalangan juga harus memahami secara bersama tentang azaz pengaturan bangunan gedung. Terdiri dari sejumlah azaz, yakni keterpaduan serta keserasian, keselarasan dan keseimbangan. “Tidak hanya itu, terdapat pula azaz lainnya dalam pengaturan bangunan gedung. Yakni keberlanjutan,  keberdayagunaan dan keberhasilgunaan, keterbukaan, kebersamaan dan kemitraan, perlindungan kepentingan umum, kepastian hukum dan keadilan serta akuntabilitas,” paparnya.  
Hakim menegaskan, melalui Perda Bangunan Gedung maka kepentingan publik diwadahi sehingga tak ada yang dirugikan. Selain itu demi terwujudnya tata kota yang ideal dan kepastian hukum bagi warga yang membangun.

Berita Lainnya :