Arema Tidak Mau Terkecoh Absennya Hamka


MALANG - Dua tim yang akan bertanding di Stadion Kanjuruhan, Rabu (30/8/17) lusa sangat berhati-hati dalam menganalisa calon lawannya. Baik Arema FC maupun PSM Makassar, tidak mau terkecoh dengan absennya beberapa pemain pilar klub yang akan ditemui, dan lebih berfokus pada pembenahan tim sendiri.
Singo Edan menganggap PSM tetap solid tanpa Hamka Hamzah, begitu juga Tim Juku Eja yang memprediksi Arema akan mudah mencari pengganti Esteban Vizcarra dan Arthur Cunha yang bakal absen. "PSM tim besar dengan pelatih berpengalaman. Pasti tim itu juga sudah memiliki pengganti yang pas saat melawan kami," ujar Pelatih Arema, Joko Susilo.
Pelatih dengan sapaan akrab Gethuk itu begitu menyadari bagaimana Robert Rene Albert, pelatih PSM, piawai meracik strategi. Pasalnya, selain pada tahun 2010 lalu pernah menjadi asistennya, pelatih tersebut juga sudah menukangi PSM selama hampir dua tahun. Dalam kurun waktu itu, tim asal Sulawesi Selatan ini terhitung stabil di papan atas.
"Meskipun banyak pergantian pemain, tetapi permainan mereka tetap bagus. Coach Robert sangat berpengalaman dalam menyusun tim," beber dia kepada Malang Post.
Hal itulah, yang membuat Gethuk tidak melihat keuntungan besar dengan absennya pilar seperti Hamka Hamzah. "Mungkin kalau berpengaruh, tipis sekali. Tetapi sepak bola itu permainan tim, bukan karena satu dua pemain saja," ungkap dia.
Pelatih asal Cepu itu mengatakan, Arema mungkin saja diuntungkan dengan lebih longgarnya benteng pertahanan lawan. Akan tetapi, Alfarizi dkk juga mesti mewaspadai serangan balik cepat PSM, yang mengandalkan pemain seperti Wiljan Pluim dan Mark Antony Klok. Bahkan, Mark Klok menjadi mimpi buruk Arema di putaran pertama lalu.
Dia justru ingin mengajak anak asuhnya konsentrasi pada penampilan tim sendiri. Setiap kekurangan yang mereka miliki di laga sebelumnya, harus terus disempurnakan setiap pekannya. Seperti kesalahan melakukan pelanggaran di area pertahanan, yang bisa membuka peluang lawan melalui bola mati. "Konsentrasi pada taktik dan strategi sendiri, jangan hiraukan kondisi lawan," tegasnya.
Di kubu PSM, tim tersebut sudah menyiapkan pengganti Hamka Hamzah. Nama Ardan Atas dan Hendra Wijaya ada di dalam bangku cadangan yang bisa turun melawan Arema."Soal siapa yang turun kita lihat nanti siapa," tegas Robert Rene Albert.
Robert menilai Arema yang bakal bermain tanpa Esteban Vizcarra dan Arthur Cunha, akan tetap solid. Pelatih asal Belanda ini pun meminta skuadnya tetap tampil dengan standar permainan PSM saat dijamu Singo Edan.
"PSM memang terkesan diuntungkan karena Esteban dan Arthur tidak main karena akumulasi kartu. Tapi, saya tegaskan Arema tentu sudah mengatisipasinya karena mereka punya kedalaman skuad yang bagus," ujar Robert.(ley/han)