Away Perdana Atayev

 
BANJARMASIN - Penggawa Arema FC sudah berada di Banjarmasin sejak Senin (21/8) kemarin untuk pertandingan melawan Barito Putera, Rabu (23/8) besok. Lawatan kali ini merupakan kesempatan pertama bagi Ahmat Atayev di luar kandang. Dia pun kini sudah ditinggalkan oleh Mekan Nasirov, yang sebelumnya membantunya menjadi penerjemah dalam berkomunikasi.
"Mekan sudah di Jakarta. Dia menyelesaikan urusan di sana," ujar Ahmat Atayev, dengan bahasa Inggris yang terbata-bata.
Menurut dia, Mekan sekarang sudah bersiap untuk pulang ke Turkmenistan. Tugas untuk menemaninya hampir selesai dan segera kembali ke negara pecahan Uni Soviet ini.
"26 Agustus ini, dia sudah pulang ke Turkmenistan," sebut dia.
Praktis, away kali ini adalah tantangan baginya. Sebab, dia harus bisa berkomunikasi, meski dengan bahasa yang tidak sama dengannya. Ia hanya sesekali menggunakan Bahasa Inggris dan lebih banyak mengandalkan bahasa tubuh.
Atayev memang tidak fasih berbahasa Inggris. Akan tetapi, dirinya berjuang keras untuk bisa memahami setiap komunikasi dengan rekan-rekannya. Salah satu yang dia andalkan ada aplikasi translater dalam gadgetnya. Sesekali dia akan menuliskan apa yang ingin dia sampaikan dalam Bahasa Inggris,yang sebelumnya dia translate dari  bahasa Turkmen. Lalu dia menyodorkan maksud dari komunikasinya.
Namun, Atayev terlihat cepat bergaul dengan rekan-rekannya. Dia aktif mengikuti candaan yang kerap dilakukan oleh pemain Arema. 
"Ini tantangan berat bagi Atayev. Tetapi dia cepat sekali beradaptasi dan dia juga sering mempelajari beberapa Bahasa Indonesia," papar Pelatih Kiper Arema, Yanuar Hermansyah.
 Atayev sudah melakukan pengorbanan demi tetap membela Arema. Dia memastikan tidak akan mengikuti pemusatan latihan Turkmenistan di Bulgaria, untuk menyambut laga kualifikasi Piala Asia 2019. 
"Saya akan bergabung dengan tim Turkmenistan setelah 30 Agustus. Nanti saya persiapan untuk laga melawan Singapura," tandas Atayev. (ley/feb)