Banyak Pilihan di Tengah


MALANG - Arema FC menyayangkan absennya beberapa pemain pilar seperti Pavel Smolyachenko, Alfin Tuasalamony hingga Dendi Santoso dalam lawatan ke Persib Bandung, untuk menjalani laga 16 Besar Piala Indonesia 2018. Namun, tim Singo Edan bisa bernafas lega, karena away kali ini memiliki tambahan amunisi Muhammad Rafli, yang kembali dari Timnas Indonesia U-22.
Kembalinya Rafli, membuat opsi lini tengah tidak lagi minim layaknya ketika Arema meladeni Timnas Indonesia U-22, pekan lalu. Kala itu, Pelatih Milomir Seslija tidak memiliki opsi pergantian pemain setelah Makan Konate, Jayus Hariono dan Hendro Siswanto diturunkan secara bersamaan sejak dari awal.
"Saya senang dengan kembalinya Rafli. Sekarang, setidaknya saya memiliki pilihan untuk siapa yang bermain dan siapa yang kami siapkan untuk cadangan, tetapi tidak mengganggu strategi," ungkap Pelatih Arema, Milomir Seslija.
Kala melawan Timnas Garuda Muda, Arema tampil apik sampai 70 menit. Tetapi, begitu ada pergantian di lini tengah, saat Jayus Hariono mulai disimpan, kekuatan lini tengah Arema berkurang.
"Kami bermain menyerang, mendominasi hanya sampai 70 menit. Mungkin memang terjadi kesalahan, tetapi karena tidak ada pilihan juga," papar Milo, sapaan akrabnya.
Milo pun memuji kondisi Rafli. Meski baru dua kali berlatih bersamanya, dia melihat ada kelebihan dari pemain tersebut. "Ia bagus saat membawa bola. Kami, benar-benar memiliki banyak pemain potensial, dan itu ada pada diri Rafli," tambahnya.
Selain itu, Milo juga memuji gairah bermain dari pemain berusia 20 tahun tersebut. Salah satu contohnya, ketika selepas dari Timnas U-22, hanya beberapa jam sampai di Malang, Rafli ikut berlatih.
Ia melahap porsi khusus pemulihan fisik. Hal itu pulalah yang mempengaruhi Rafli diboyong ke Bandung kali ini.
"Saya rasa, semua yang kami bawa, dalam kondisi siap. Selain itu, yang terpenting adalah sesuai kebutuhan tim di pertandingan nanti," sebut pelatih asal Bosnia itu.
Sementara itu, Rafli menilai dirinya sudah siap langsung tune in bersama tim dan Pelatih Milomir Seslija. Ia juga tidak gentar melawan Persib.
"Dari tahun ke tahun, Persib adalah tim berkualitas. Sekarang kamu harus siap mental dan fisik untuk bermain melawan mereka," ujar Rafli. (ley/jon)

Berita Terkait