Beri Kesempatan Semua Penjaga Gawang


MALANG – Seperti pisau yang harus terus diasah untuk tetap tajam, Arema FC pun menjaga persaingan sehat antara Kartika Ajie, Utam Rusdiana dan Sandi Firmansyah. Secara khusus, Sandi bahkan harus bersaing dengan Utam dan Aji. Karena, dia diharapkan bisa mengejar dua kiper itu demi merebut starter maupun bangku cadangan.
Harapan untuk Sandi, dilontarkan secara gamblang oleh Yanuar 'Begal' Hermansyah, pelatih kiper Arema FC. Menurut Begal, tidak ada perbedaan mencolok dalam penilaiannya terhadap kualitas tiga kiper asuhannya.
“Tiga kiper Arema memiliki kualitas yang hampir merata, jadi semuanya sebenarnya bisa mendapat kesempatan,” kata Begal, Sabtu .
Sandi memang belum mendapatkan kesempatan emas untuk merebut bangku cadangan dan starter saat Singo Edan berjuang di Piala Presiden 2019. Sehingga, sinarnya belum pernah terlihat oleh suporter Aremania. Dia tertutupi oleh Utam Rusdiana dan Kartika Ajie yang mendapatkan posisi di lini belakang tim berlogo singa dengan tangan mengepal ini.
Tapi, bukan berarti Sandi tidak bisa merebut satu kavling di cadangan maupun starter. Begal bahkan menegaskan sebenarnya Sandi telah mengantongi beberapa pengalaman untuk bermain di kasta tertinggi. Dengan usia yang sudah senior, Sandi yang kini berusia 35 tahun, telah mencicipi berbagai klub di Liga Indonesia.
Mulai dari Persegres Gresik United hingga Sriwijaya FC. Kendati banyak menjadi kiper kedua, Sandi telah matang secara mental.
“Sandi kenyang pengalaman, dia pernah membela beberapa klub. Kami meyakini dia sangat siap ketika sewaktu-waktu tim pelatih membutuhkannya untuk berdiri di bawah mistar gawang,” jelas Begal.
Sebagai pelatih kiper, Begal berharap Sandi tidak kehilangan kepercayaan diri. Sebaliknya, dia mengharap Sandi mampu menunjukkan performa sebagai kiper senior yang layak mendapatkan tempat di skuad starter. Apalagi, kesempatan Sandi terbuka lebar dengan isyarat dari Begal. Terutama, karena kompetisi Liga 1 Indonesia yang panjang.
“Tidak ada garansi bagi siapapun di posisi kiper utama. Semua harus siap, semua harus serius latihan, dan nantinya akan ada kesempatan. Karena, kami tidak tutup mata, kami tidak diam ketika melihat ada pemain yang serius berlatih, dan performanya bagus,” tutupnya.(fin/jon)

Berita Terkait