Gelar Fitness Test Arema Junior


MALANG – Atlet sepakbola dari Akademi Arema, mengikuti fitness test yang dihelat bersama Active Movement. Selasa siang, Ardhitya Zulfikar Fauzi, fitness trainer dan praktisi sport science, mengawasi proses fitness test puluhan atlet Akademi Arema dari Elite Pro Academy U-16, Elite Pro Academy U-18 dan Piala Suratin.
Mereka menjalani serangkaian tes. Mulai dari cek lemak, tinggi badan dan berat tubuh, tes engkel, tes sit up, lompat satu kaki, lari jarak pendek, dan terakhir adalah beep test. Ardhitya menyebut, tujuan dari fitness test adalah mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dari anggota skuad Akademi Arema U-16, U-18 dan tim Piala Suratin.
“Dari hasil fitness test ini, Active Movement akan memberikan data kepada para pelatih. Dari situ, pelatih Akademi Arema bisa melakukan latihan yang dibutuhkan, untuk mendorong peningkatan performa anak-anak asuhnya,” kata Ardhitya kepada Malang Post, di lapangan tenis UM, tempat pelaksanaan fitness test.
Fitness test bagi para atlet Akademi Arema, sangat penting dalam mengukur kekuatan dan kondisi terbaru dari para pemain Arema Junior. Singo Licek yang akan bertanding di tiga kompetisi, harus diberi materi latihan yang sesuai. Dengan data hasil fitness test, pelatih dan pemain sama-sama tahu, kondisi tubuhnya.
Sehingga, mereka bisa meningkatkan kondisi sesuai dengan kekurangan yang ditunjukkan dari hasil fitness test. Ardhitya menyebutkan, penggunaan sport science dalam sepakbola, adalah hal yang tidak terelakkan dan harus dilakukan untuk melindungi atlet dan meningkatkan kondisinya secara terukur.
Dengan dimulainya fitness test berbasis sport science untuk Akademi Arema, Ardhitya berharap mereka akan tumbuh menjadi pemain sepakbola yang profesional dan paham soal sains olahraga. Sehingga, ketika mereka sudah masuk dalam gelanggang liga, mereka tidak gamang dengan sport science.
“Mereka adalah penerus generasi sepakbola masa depan. Sehingga, pengetahuan dan latihan yang tepat berdasarkan data, akan meningkatkan kondisi mereka secara optimal,” tutupnya.(fin/jon)

Berita Terkait