Gethuk Fokus Tim



MALANG - Pelatih Arema FC Joko Susilo tidak mau terlalu banyak berkomentar terkait kabar bakal merapatnya mantan pemain Singo Edan, Gustavo Lopez. Meski respon dari Aremania untuk kehadiran pemain dengan sapaan akrab Gusty itu positif, Gethuk  cenderung ingin fokus pada pembenahan tim dan konsentrasi pada pemain yang sekarang ada di hadapannya.
"Kalau soal itu (kemungkinan tambahkan pemain) saya tidak bisa menjawabnya. Saya fokus pada tim saja saat ini," ujar Joko Susilo.  Menurutnya, dia ingin menyiapkan teknis atau taktik tim, untuk menyambut kompetisi Liga 1 atau terdekat di Piala Gubernur Kaltim II. Sedangkan urusan mendatangkan pemain, dia menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen klub kelahiran 1987 itu.
"Faktor non teknis, biarkan manajemen yang menjawab. Fokus Gethuk ke tim saja saat ini," beber dia kepada Malang Post.
Hal tersebut sejatinya mengulang apa yang dilakukan Gethuk di awal bursa transfer musim ini. Dirinya memilih tidak banyak bicara terkait perekrutan pemain dan menyerahkan pada manajemen. Pelatih asal Cepu itu sempat beberapa saat bungkam, kecuali pertanyaan mengenai teknis latihan di lapangan.
Hanya saja Gethuk sempat menyampaikan jika timnya tidak akan mengelak bila akan terjadi perubahan komposisi pemain, pasca evaluasi. Entah evaluasi setelah Piala Presiden, Piala Gubernur Kaltim atau di tengah kompetisi. Nantinya, di pertengahan musim, bursa transfer pun kembali dibuka bagi tim yang berniat memperbaiki skuadnya.
"Percayalah apa yang kami lakukan juga untuk kebaikan semua," tegasnya.
Sementara itu, pasca naiknya informasi tentang Gustavo Lopez, perbincangan akan pemain tersebut di kalangan Aremania pun kian santer. Beberapa grup Aremania, membicarakan perihal bakal kedatangan pemain asal Argentina itu. 
Bahkan, di beberapa akun media sosial, setiap unggahan informasi mengenai Gustavo Lopez, selalu dibanjiri komentar. Banyak yang mendukung kehadiran playmaker tersebut, namun juga masih ada beberapa yang meragukan kapasitas Gusty (panggilan Gustavo)  untuk saat ini.
"Apa benar Gustavo akan jadi pemain Arema lagi? Hari ini (kemarin, Red) sepertinya berita dia sedang naik daun," ujar Ferry Anggriaaan Charima, Aremania Kepanjen.
Menurut dia, jika memang akan kembali ke Arema, ada beberapa nilai lebih yang akan dibawa oleh Gustavo. Misalnya mengenai banyaknya pendukung pemain dengan ciri khas rambut gondrong tersebut. Performanya saat membela Arema di musim 2014 membuat namanya memiliki tempat di hati Aremania. 
"Dia kan sempat jadi bagian Arema dan ketika bermain di Malang juga bagus. Secara kapasitas dan kualitas, sudah banyak yang tahu juga. Paling tidak ini akan menambah antusias Arema ketika mengingat permainan Arema saat ada Gustavo," tambah dia.
Hanya saja, Arema juga dihadapkan pada dilema karena kondisi Gustavo yang musim lalu mengalami cedera. Pasca cedera, Gustavo memilih memulihkan diri di Argentina sebelum menunjukkan keinginannya untuk kembali merumput di Indonesia.
"Ya semoga benar-benar sudah pulih. Jangan sampai salah mengambil keputusan, karena posisi playmaker ini penting juga untuk tim. Jangan lebih jelek dari pemain yang diganti," tandas dia. (ley/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :