Jawara Lawan Jawara


SLEMAN - Dua tim jawara akan bertemu di laga pembuka Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5) malam. Arema FC sebagai tim juara Piala Presiden akan bertemu juara Liga 2 musim lalu PSS Sleman.
Meski PSS Sleman merupakan tim promosi, namun tim berjuluk Super Elang Jawa ini tidak bisa dianggap remeh. Singo Edan harus waspada guna membuka kompetisi paling bergengsi di negeri ini dengan hasil maksimal. Apalagi, poin pertama sangat penting untuk menimbulkan rasa percara diri pada pemain.
Pelatih Arema FC Milomir Seslija sudah mengetahui betul kekuatan calon lawannya ini. PSS dianggap sebagai tim yang selalu menyulitkan lawannya. Sehingga, Milo meminta pemainnya agar tidak terpaku pada uji coba terakhir tim asuhan Seto Nurdiyantoro tersebut yang baru saja kalah 0-2 dari Persipura.
"PSS pasti ingin menang. Saat bermain di kandang sendiri mereka membuat susah lawannya. Seperti Madura United dan Persija Jakarta," ujar Milomir Seslija.
Pelatih asal Bosnia itu melihat permainan Purwaka Yudhi dkk sejak Piala Presiden 2019 lalu. Menurut analisanya, tim yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo itu memiliki kemampuan penyerangan dan individual pemain yang bagus.
Mereka bisa memanfaatkan kesalahan kecil tim lawan untuk mencetak gol karena beberapa pemain memiliki kecepatan.
"Mereka bermain bola untuk mencetak gol ke lawan. Beberapa individu pemain, bahkan. Pemain lokal sangat bagus," papar dia.
Ia mewanti-wanti pemainnya agar tidak terjebak pada hasil negatif PSS di pertandingan terakhir uji coba melawan Persipura. Menurut dia, kekalahan 0-2 tersebut karena beberapa hal.
"Pemain masih saling adaptasi ada beberapa yang baru masuk. Selain itu, mereka juga adaptasi permainan ketika bulan puasa," papar dia.
Hal ini berbeda dengan Persipura yang mayoritas pemainnya tidak berpuasa. Sehingga pemain masih berusaha mengembalikan level fisik pemain saat uji coba. "Saya lihat dari gol mereka, pemain salah komunikasi," tambahnya.
Pelatih PSS Sleman pun mengakui bila timnya memang kurang maksimal di dua kali uji coba terakhir. Namun, mereka mendapatkan pelajaran sebelum bertemu Arema.
"Ada pelajaran penting dan kami paham apa yang terjadi ketika melawan PSIS atau Persipura," sebut dia.
Menurutnya, Purwaka Yudi dkk diminta melupakan hasil negatif tersebut dan bisa memberikan hasil positif malam ini. "Kami berharap bisa mendapatkan hasil positif di laga pertama itu," tandas dia. (ley/jon)

Berita Terkait