Ke Bandung Tanpa Target Menang


MALANG - Arema FC menegaskan targetnya dalam uji coba melawan Persib Bandung, Minggu (18/3) depan. Sama seperti di Piala Gubernur Kaltim, hasil akhir menang, bukan target bagi tim Singo Edan. Arema ingin mendapatkan hal lain, misalnya komposisi pemain, kepercayaan diri hingga mental dalam laga away melawan Maung Bandung.
Pelatih Arema Joko Susilo menegaskan hal tersebut sebelum Dendi Santoso dkk bertolak ke Bandung, Jumat (16/3) besok. Dia tidak mau pemainnya dibebani target menang, seperti dalam turnamen Piala Gubernur atau Piala Presiden, beberapa waktu lalu.
"Ini uji coba, konsepnya uji coba. Tidak ada nilai di sini. Cuma kami ingin terbaik dalam uji coba ini," tegas Joko Susilo.
Pelatih asal Cepu itu juga tidak mau mengatakan optimis mengenai hasil akhir. Sebab, dia justru mematok target tersendiri dari laga untuk memeriahkan ulang tahun serta launching Maung Bandung tersebut.
"Ada sasaran yang akan saya ambil. Misalnya mencari starting eleven, mental dan kelemahan tim. Ada target juga yang tidak bisa saya sampaikan," paparnya.
Starting eleven, memang salah satu tujuan tim Arema, yang enam hari setelah uji coba akan bertanding dalam pekan pertama kompetisi Liga 1. Selain itu, pelatih berusia 47 tahun itu masih terus mencari kemungkinan pemain yang akan turun, saat nama pemain lainnya absen.
Kebetulan, dalam pertandingan melawan Persib Bandung nanti, Arema dipastikan kehilangan lima pemainnya. Bagas Adi Nugroho, Kurniawan Kartika Ajie, Hanif Sjahbandi, Ahmad Nur Hardianto dan Agil Munawar. Empat nama pertama akan tergabung bersama Timnas Indonesia, sedangkan Agil harus absen panjang sekitar tiga bulan.
"Saya harus mencoba kemungkinan yang akan terjadi di kompetisi. Ini pentingnya uji coba melawan Persib. Nanti dalam kompetisi yang panjang, kami akan kehilangan pemain untuk timnas atau karena cedera seperti saat ini," jelas dia panjang lebar.
Bapak lima anak itu juga menyampaikan, kemungkinan skuad juga sudah dua jajal dalam latihan. Misalnya dalam latihan Arema di Lapangan Dirgantara Abd Saleh. Selama 90 menit, dirinya memberikan porsi latihan taktik.
" saya mencoba jika tanpa pemain yang ke Timnas atau yang sekarang cedera," tambahnya.
, Arema juga menjajal strategi, ketika bermain tanpa Arthur Cunha, Dendi Santoso dan Purwaka Yudhi. Tiga pemain ini masih absen latihan, karena baru saja menjalani pemulihan. "Mereka baru suntik di bagian yang cedera, jadi dokter merekomendasikan rest tiga hari. Saya juga harus coba kemungkinan tersebut," tambahnya.
Sementara itu, Pemain Arema, Hendro Siswanto mengatakan, meski tanpa target, timnya tetap serius menatap Persib Bandung. Pemain ingin tampil semaksimal mungkin, dengan tujuan mendapatkan kepercayaan dari pelatih.
"Kami kembalikan pada diri kami sendiri. Harus memiliki target dalam uji coba ini. Misalnya uji mental tanding kami atau menguji level permainan kami. Harus juga tampil bagus, kalau tidak mau kesulitan bersaing dengan pemain yang lain," ujar dia.
Menurut pemain asal Tuban itu, secara pribadi dia juga tidak ingin mendapatkan hasil negatif. Sebab, jika berhasil mendapatkan hasil imbang atau bahkan menang, bakal menambah kepercayaan diri saat kompetisi.
"Tetapi kami juga akan nothing to lose saja. Tidak terlalu memaksa, jangan sampai cedera. Karena kompetisi juga tinggal beberapa hari lagi. Asalkan jaga kondisi tetap dalam peak performance," tandasnya.(ley/ary)

Berita Terkait

Berita Lainnya :