Kuncoro Ambil Lisensi, Masuk Agus Yuwono

 
MALANG - Arema FC dipastikan kehilangan salah satu asisten pelatihnya, Kuncoro saat mengikuti turnamen Piala Gubernur Kaltim II pekan depan. Pasalnya, asisten pelatih asal Gondanglegi itu balalengikuti kursus kepelatihan B AFC mulai Senin (19/2). Dia harus menghilang sementara waktu, yang mencuatkan sosok nama Agus Yuwono sebagai barisan asisten baru di tim Singo Edan tersebut.
Kuncoro, akan mengikuti kursus di Sawangan Depok 19 Februari sampai 10 Maret 2018. Praktis, dia tidak bisa mendampingi Purwaka Yudhi dkk saat berlaga di PGK II, 23 Februari sampai 4 Maret 2018 mendatang.  "Iya saya akan ikut kursus pelatih B AFC. Jumat atau Sabtu pekan ini saya berangkat," ujar Kuncoro.
Kehilangan Kuncoro, otomatis barisan asisten Arema menyisakan Singgih Pitono dan pelatih kiper Yanuar Hermansyah. Meskipun ada sosok Dusan Momcilovic yang mengurusi masalah fisik pemain, tampaknya Pelatih Joko Susilo merasa kehilangan dan membuat dirinya harus bekerja keras.
"Kondisi ini membuat saya lebih sulit. Sebab, selama ini kami selalu bekerja sama. Ini cukup membuat saya harus lebih bekerja keras," papar Joko Susilo.
Pelatih dengan sapaan akrab Gethuk itu memang kerap berkomunikasi dengan para asistennya untuk menyiapkan strategi dalam pertandingan atau persiapan latihan. Selain itu di luar lapangan keduanya juga sering berdiskusi.
"Mungkin nanti akan komunikasi dengan WhatsApp. Kalau perlu bantuan, ya harus hubungi Kuncoro," ungkapnya. Meski berat dia harus merelakan Kuncoro menghilang lebih dari dua pekan. 
Sebab, pasca kursus diyakini Kuncoro bakal memiliki lebih banyak ilmu yang bisa dibagikan pada tim. "Saya berharap dia lulus dan dapat lisensi B AFC. Syukur juga kalau bisa jadi yang terbaik," tegas dia.
Apa yang dirasakan Gethuk tampaknya dipahami manajemen Arema. Tim tersebut membuka peluang bakal memiliki satu asisten baru untuk membantu pria asal Cepu itu meracik strategi. Sosok Agus Yuwono, yang musim lalu sukses menyelamatkan Perseru Serui dari degradasi, terlihat bakal menjadi opsi.
Hal itu pun kian kentara saat Agus Yuwono hadir dalam uji coba Arema melawan Metro FC di Stadion Kanjuruhan, kemarin. Agus yang juga mantan pemain Arema, terlihat berada di area bench tim pelatih Arema.
Meski tidak mengakui secara terang-terangan, manajemen tetap membuka kemungkinan tersebut. Dengan alasan, Gethuk butuh sosok pendamping yang pengalaman dalam hal meracik strategi.
"Ya dia kan orang Malang, tadi saya ajak saja. Tidak ada salahnya tetap komunikasi, berhubungan baik dan nonton bareng. Kalau dia jadi bagian asisten pelatih, untuk saat ini belum," ujar General Manager Arema, Ruddy Widodo.
Hanya saja, Ruddy juga membuka kemungkinan Agus akan ditawari untuk menjadi asisten pelatih selama Kuncoro mengambil kursus kepelatihan. Termasuk ketika mengikuti Piala Gubernur Kaltim II.
"Mungkin opsi kami ajak ke PGK atau selama Kuncoro absen. Ya tetapi kita tunggu saja," tegasnya.
Agus Yuwono sendiri ketika ditanya perihal bakal menjadi tim asisten pelatih, hanya tersenyum. Dia mengatakan masih melihat pertandingan uji coba saja.
"Saya datang saja dan melihat pertandingan ini," ucapnya sembari tersenyum. (ley/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :