Lawan PSM Resmi Ditunda


MALANG - Laga pekan kelima Liga 1 2019 yang harus dijalani Arema FC di kandang PSM Makassar, resmi ditunda. PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengabulkan permohonan PSM Makassar, yang harus menjalani agenda padat bila pertandingan tetap digelar 23 Juni 2019. Kedua klub sudah menerima surat pemberitahuan penundaan pertandingan dan tinggal menunggu jadwal terbaru.
"Surat baru kami terima beberapa saat lalu (pukul 18.00 WIB, Red)," ujar Media Officer Arema, Sudarmaji, Sabtu (15/6).
Dalam surat bernomor 188/LIB/VI/2019 dengan tanggal 15 Juni 2019 tersebut, ditandatangani oleh Direktur LIB, Dirk Soplanit dan ditujukan kepada manajemen Arema FC serta PSM Makassar.
"Sehubungan dengan pelaksanaan fase semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2019 dan menindaklanjuti jadwal yang melibatkan PSM Makassar sebagai salah satu peserta, bersama ini PT Liga Indonesia Baru (LIB), menyampaikan penundaan pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara PSM Makassar vs Arema FC yang seharusnya dilaksanakan 23 Juni 2019," tulis surat tersebut.
"Hal tersebut diambil sebagai bentuk support kepada klub Liga 1, yang membawa nama bangsa Indonesia di level Asia. Oleh karena itu LIB akan menyampaikan penetapan jadwal baru selambatnya pada tanggal 30 Juni 2019," ujar Dirk.
CEO PSM, Munafri Arifuddin mengakui senang permohonannya diterima LIB. Dalam hal ini artinya operator Liga 1 juga mensuport PSM yang tampil di AFC Cup.
"Karena ini bukan memyangkut PSM saja. Kami mengharapkan dengan tampil maksimal supaya poinnya (Indonesia) semakin lebih baik agar bukan cuman dua (musim ini) tapi bisa lebih (musim depan) yang tampil dari Indonesia ke AFC," jelas Appi, sapaan akrabnya.
Munafri senang karena PSM punya waktu persiapan lebih baik untuk menghadapi Becamex. Dimana ia menargetkan hasil maksimal yakni tak kebobolan sekaligus menang. "Tentu ini menguntungkan karena kita memiliki waktu recovery lebih banyak," paparnya.
Appi menegaskan tidak mematok waktu tertentu untuk jadwal terbaru. Meskipun nanti kabarnya digelar pada putaran kedua mendatang.
"Mau diundur dimana saja kami tidak keberatan karena kami yang minta jadi kami ikuti saja nanti mau dijadwalkan kapan. Saya cuma meminta pertimbangan asal kedua belah pihak (klub) menganggap itu fair," pungkasnya.
Arema pun mengakui menerima pemunduran jadwal tersebut. Meskipun gairah kompetisi sejatinya tereduksi.
"Tentu imbasnya ada. Ketika sudah pikiran kembali ke pertandingan, ternyata ditunda," ujar General Manager Arema, Ruddy Widodo.
Namun, seusai dengan pernyataan dia sebelumnya, Arema akan menjalani apapun keputusannya. Arema pun mendukung PSM Makassar yang akan bertanding di AFC Cup.
"Kami juga mendoakan PSM bisa mendapatkan hasil yang bagus. Yang jelas, meski ada resikonya, kami menerima dan akan menyesuaikan secara program," tandas dia. (ley/jon)

Berita Terkait