Lebih Cepat Adaptasi



MALANG - Bek asal Papua, Marko Markus Kabiay telah menjalani debut bersama Arema FC, Rabu (20/9) lalu. Ia diturunkan sebagai bek sayap dan debut tersebut menuai pujian tim pelatih Arema dan berharap pemain yang pernah merumput di Timor Leste itu akan konsisten bermain apik seperti saat melawan Mitra Kukar. Marko diturunkan sebagai bek sayap kanan, menggantikan pos Beny Wahyudi yang kemarin turun sebagai pemain pengganti. Berkali-kali Marko dengan percaya diri melakukan tusukan ke pertahanan lawan, namun tidak melupakan pertahanan.
Bahkan, umpan crossing yang dia lakukan juga sempat nyaris berbuah gol, kala Ahmad Bustomi menyambut bola rebound hasil umpan Marko.
"Debutnya memang sangat bagus. Tetapi itu baru awal, saya yakin kemampuan Marko lebih dari itu," ujar Pelatih Arema, Joko Susilo.
Menurutnya, pengalaman Marko pun membuat sang pemain bisa beradaptasi di kesempatan pertama. Meski butuh waktu satu bulan lebih untuk bisa mendapatkan kepercayaan pelatih sehingga dia bisa menjalani debut, namun apa yang ditampilkan pemain 26 tahun itu membuat Gethuk senang.
"Mentalnya juga sangat bagus. Adaptasi dengan pemain lain, membuat dia juga tidak canggung saat baru pertama bermain. Bisa dilihat sendiri bagaimana dia tampil," papar dia.
Kini Arema memiliki banyak opsi untuk rotasi pemain. Baik di posisi bek sayap maupun bek tengah. Marko pun bisa diposisikan sebagai stopper ketika kondisi darurat karena kedatangannya ke Arema sejatinya sebagai cadangan bek tengah kala Bagas Adi Nugroho masih berkutat dengan cedera.
Turunnya Marko karena Arema membutuhkan rotasi. Pemain seperti Beny Wahyudi, yang selama ini tak tergantikan selama Syaiful Indra Cahya turun sebagai bek tengah, memiliki pengganti kualitas setara.
"Kalau terus mendapatkan kesempatan bermain, dia pasti juga semakin bagus. Selama ini dia belum saya turunkan karena memang saya rasa masih butuh adaptasi dan membangun chemistry dengan pemain lain," jelas dia panjang lebar.
Marko bermain selama 89 menit saat melawan Mitra Kukar. Dia digantikan oleh Beny ketika mengalami kram jelang pertandingan usai. (ley/feb

Berita Lainnya :