Main Malam, Atur Buka Puasa


MAGELANG - Arema FC tercatat akan melakoni tiga laga di bulan Ramadan tahun ini. Otomatis, setiap pemain harus siap bertanding hingga jelang tengah malam. Selain itu, Hendro Siswanto dkk mesti mengatur jam berbuka puasa mereka, sehingga bisa maksimal dalam pertandingan.
Selama Ramadan, seluruh pertandingan Liga 1 akan dimulai pukul 20.30 WIB. Jam kick off tersebut hanya berjarak 2,5 sampai tiga jam dari saat berbuka puasa, yang rata-rata berlangsung antara pukul 17.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB.
Dokter tim Arema FC, dr. Nanang Tri Wahyudi mengatakan, pemain harus bisa mengatur apa yang dikonsumsi saat berbuka puasa. "Jarak antara makan besar dan aktivitas fisik itu antara 2-3 jam," ujar dr. Nanang.
Menurut dia, kick off pukul 20.30 WIB adalah saat paling ideal saat Ramadan. Sebab, bila ada pemain sudah makan besar saat berbuka, maka makanan yang berada di dalam tubuh pemain sudah mulai tercerna.
"Ideal atau tidaknya sebenarnya tergantung kebiasaan pemain. Biasanya, ada yang tidak terbiasa langsung makan besar ketika berbuka. Menunggu setelah salat tarawih. Tetapi, kadang ada yang tidak makan besar sudah lemas," beber dia.
Ia menuturkan, secara teori bila pemain berbuka sekitar pukul 18.00 WIB masih sangat ideal. Namun, dia mengatakan hal itu masih perlu adaptasi dan bisa dilihat dalam pertandingan uji coba semalam.
Bila melihat jam pertandingan dan selesainya, maka dia menyarankan agar pemain berbuka. Pasalnya, bila menunggu selesai pertandingan maka harus menunggu sampai pukul 23.00 WIB. Padahal, pemain butuh tenaga dalam pertandingan.
"Ini memang resiko di bulan Ramadan. Tetapi semua pemain pun sudah menganggap wajar," tambah dia.
Sementara itu, menurut pria asal Magetan tersebut, pemain juga tidak masalah bila tidak berpuasa. Ia menilai, pemain Arema sudah tahu kondisi tubuh dan yang terbaik.
"Pemain kan sudah profesional. Kadang ada yang tidak berpuasa agar maksimal saat pertandingan. Yang terpenting mereka bisa mengatur untuk mengganti puasanya yang batal tersebut," pungkas dia.
Usai uji coba melawan PSIS, tiga laga yang akan dilalui oleh Arema ketika Ramadan adalah ketika melawan PSS Sleman, Borneo FC dan Persela Lamongan. (ley/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :