Pesta Gol, Arema Bantai Mitra Kukar!



TENGGARONG - Arema FC berhasil mematahkan kutukan Stadion Aji Imbut Tenggarong, tak pernah menang di kandang Mitra Kukar sejak tahun 2011/2012. Tim Singo Edan akhirnya bisa membantai Kukar dengan skor telak 3-0, Rabu (20/9) kemarin. Alfarizi dkk berpesta gol, sekaligus menambah daftar kesialan tim berjuluk Naga Meges itu.
Angka tiga, sepertinya menjadi pelengkap penderitaan tim besar itu. Ya, di tangan pelatih anyar, Yudi Suryata, Bayu Pradana dkk, mengalami tiga kekalahan beruntun. Kemudian saat melawan Singo Edan, Kukar dibantai tiga pemain Arema secara bergantian mencetak gol. Sebaliknya, tim dengan marquee player Mohammed Sissoko itu tak bisa menembus gawang kiper Arema nomor 33, Dwi Kuswanto.
Di babak pertama Alfarizi mencetak gol saat laga berjalan 17 menit. Di babak kedua, ketika laga telah berjalan 10 menit atau tepatnya di menit 55, Hendro Siswanto menggandakan keunggulan Arema. Ahmet Atayev menutup pesta gol Singo Edan di menit 59 yang sekaligus menjadi gol perdananya untuk tim kelahiran 1987 itu.
Usai laga, Pelatih Arema, Joko Susilo mensyukuri kemenangan timnya. Tiga poin di markas Naga Mekes yang susah ditaklukkan oleh timnya, diperoleh juga tidak dengan mudah.
"Alhamdulillah poin penuh di sini (Tenggarong, Red). Tetapi kami harus mengakui tadi tidak didapat dengan mudah," ujar Joko Susilo.
Menurut dia, Mitra Kukar bermain sangat disiplin dan sempat membuat Arema kesulitan. Bahkan, di awal laga tuan rumah menguasai permainan dan mengancam lini belakang Arema.
"Namun kami bisa memanfaatkan peluang dengan baik untuk mencetak gol dan menang malam ini. Kerja keras yang luar biasa dari pemain, patut diapresiasi. Saya berterima kasih kepada mereka," beber pria asal Cepu itu.
Menurutnya, apresiasi itu patut dia berikan, bukan hanya karena Arema berhasil menang karena upaya mereka. Akan tetapi, pemain menunjukkan ketaatan mereka untuk menjalankan apa yang disepakati dalam latihan dan meeting sebelum pertandingan. Pemain Arema menjalankan strategi tim pelatih dan bahkan bekerja maksimal.
"Mereka melakukan tugasnya lebih dari 100 persen. Bekerja keras untuk Arema dan itu luar biasa," tambahnya.
Gethuk serasa tidak mempercayai jika timnya berpesta gol di kandang lawan. Apalagi, dia juga membuat strategi kejutan kemarin yang selama ini juga jarang dijalankan. Yakni dengan menyimpan Adam Alis, dan menumpuk pemain bertipikal destroyer di lini tengah seperti Ahmet Atayev, Hendro Siswanto, Ahmad Bustomi dan Ferry Aman Saragih.
Mereka berempat, dimaksimalkan untuk menopang kinerja Esteban Vizcarra dan Cristian Gonzales ke pertahanan Bayu Pradana dkk. "Kunci sukses kami adalah kerja keras dan disiplin. Kaki tidak bisa melihat atau menilai kelemahan lawan dan berfokus pada tim kami. Itu kuncinya," paparnya.
Sementara itu, Pelatih Mitra Kukar Yudi Suryata mengakui kualitas tim Arema. Dia menilai tim tamu memiliki kolektivitas sangat bagus dan sulit ditembus oleh anak asuhnya.
"Kolektivitas Arema sangat baik. Dalam bertahan dan menyerang, sangat rapi. Sementara, tim kami justru kurang tertata rapi," ujar dia.
Menurutnya, di sisi lapangan dirinya sudah memberikan instruksi untuk meredam Arema. Akan tetapi, hal itu dirasa kurang cukup jika tidak ditambah dengan teknik saat dalam latihan. "Nanti harus ada masukan untuk mengatasi kelemahan ini," papar dia.
Selain itu, eks pelatih Persijap Jepara itu mengakui jika timnya dilanda kelelahan. Mereka harus melakoni jadwal padat dan terakhir baru saja melakoni away ke markas Perseru Serui. "Terus terang, tim kami kurang adanya istirahat. Habis bertanding, istirahat beberapa jam dan berangkat lagi. Begitu seterusnya," tambahnya.
Dia berjanji akan memperbaiki kinerja timnya untuk menyambut laga selanjutnya sehingga biasa mengakhiri rentetan kekalahan beruntun yang susah mencapai angka tiga.
Dengan hasil kemarin, kini Mitra Kukar tertahan di peringkat 9 dengan 34 poin. Namun, mereka terancam tergusur Persib Bandung yang sore ini menjamu Bali United. Sementara Arema, tetap di peringkat 7 dan mulai meninggalkan peringkat 8 Barito Putera yang baru mengoleksi 36 angka. (ley/ary)

Berita Lainnya :