Presiden Serahkan Piala di Kanjuruhan


MALANG – Presiden RI Joko Widodo direncanakan hadir dalam leg kedua final Piala Presiden 2019. Bahkan Jokowi diperkirakan menyerahkan langsung piala untuk sang juara di Stadion Kanjuruhan Malang pada 12 April 2019 mendatang. Kedatangan Presiden RI bakal menghadiri pertandingan kedua antara Arema FC dan Persebaya Surabaya itu, dibenarkan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.
“Belum pasti, tapi rencananya ada sepertinya (kedatangan RI 1),” kata Ujung dikonfirmasi Malang Post, Selasa sore.
Seiring dengan perencanaan kedatangan Jokowi ke Malang, Polda Jatim sudah memberi perintah kepada Kepolisian Malang Raya. Polres Malang, Polres Makota maupun Polres Batu Kota.
Dengan instruksi ini, kepolisian Malang Raya sudah mulai mengerahkan petugas untuk menciptakan kondisi aman di seluruh wilayah. Selain pengamanan dari pihak kepolisian, panpel lokal pelaksana pertandingan, juga menyiapkan venue maupun tiket. Karena, laga yang rencananya dihadiri Presiden RI, dipastikan sangat ramai.
“Tiket sudah sold out untuk pertandingan Arema kontra Persebaya di Stadion Kanjuruhan,” ujar Abdul Haris, Ketua Panpel Arema kepada Malang Post, Selasa siang kemarin.
Dengan jumlah suporter mencapai 40 ribu lebih yang bakal datang, panpel mempersiapkan venue sebaik mungkin untuk laga final.
Terutama, karena pihak panpel Arema juga menyebut bahwa Presiden RI bakal datang ke Malang untuk memberikan trofi juara kepada pemenang dari turnamen Piala Presiden 2019. Abdul Haris menyebut, rencana panggung penyerahan trofi untuk juara ini sedang dikoordinasikan dengan semua pihak terkait.
“Infonya seperti itu (Jokowi datang serahkan piala),” tandas Haris.
Sementara itu, CEO Arema FC, Ir. Agoes Soerjanto berterimakasih kepada Aremania dan Aremanita yang selalu memberikan dukungan dan doa di berbagai tempat.melalui nobar. Dia pun berharap, Aremania dan Aremanita dari penjuru Malang Raya dan sekitarnya, bisa menunjukkan dukungan positif di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang.
Terutama, karena kehadiran Presiden RI yang akan menghiasi tribun VIP Stadion Kanjuruhan.
“Kami harapkan nanti tanggal 12 April di kandang sendiri tunjukkan bahwa Aremania dapat memberikan dukungan yang positif dan damai. Tentunya ini.menjadikan momentum sepak bola yang damai dan menjunjung tinggi sportifitas,” terang Agoes.
Dia berharap Aremania dan Aremanita bisa menunjukkan semangat sportivitas dan kreativitas seperti yang sudah biasa ditunjukkan saat Arema bermain di Stadion Kanjuruhan. Dia meyakini dan optimis, bahwa pertandingan Persebaya lawan Arema di Stadion GBT Selasa kemarin adalah gambaran ke depan sepakbola yang berlangsung kondusif.
Dia menambahkan, perjumpaan di Stadion Kanjuruhan pada 12 April mendatang tetap membawa misi sepakbola pemersatu. Menurut Agoes, tidak ada yang juara dalam Piala Presiden. Bagi Agoes, juaranya adalah kedua suporter yang mampu memberikan dukungan yang besar kreatif, atraktif dan menghibur.
“Pertandingan hanya 90 menit, namun setelahnya adalah persaudaraan yang mengedepankan prestasi,” tambah Agoes.
Dia sendiri mengapresiasi pelaksanaan pertandingan Persebaya lawan Arema di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa sore kemarin. Menurut Agoes, apapun hasil yang diraih dalam pertandingan leg pertama Piala Presiden 2019, kedua tim sudah menunjukkan semangat sportivitas dalam bertanding.
“Kami terima kasih kepada Panpel Persebaya yang telah proaktif memberikan pelayanan terbaik untuk saudaranya Arema FC. Kami juga terima kasih kepada Bonekmania yg memberikan dukungan luar biasa hingga menjadikan laga menjadi momentum sepakbola yang berkualitas,” terang Agoes kepada wartawan, Selasa kemarin.
Dia menyebut, peran para Forpimda Jawa Timur sangat krusial untuk melancarkan pertandingan Selasa kemarin. Karena itu, dia juga mengapresiasi pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan pertandingan Persebaya Arema di leg pertama. Yakni, Kapolda Jatim,Pangdam V Brawijaya dan Gubernur Jatim.
Tiga kepala daerah Malang yang datang langsung mendukung Arema, juga diapresiasi oleh Agoes. Yakni, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Bupati Malang H. M. Sanusi dan Wakil Wali Kota  Malang Sofyan Edi Jarwoko. Menurut Agoes, para pimpinan daerah Jatim maupun Forpimda Malang Raya, begitu luar biasa bahu membahu untuk memberikan keamanan dan ketertiban selama pertandingan.(fin/ary)

Berita Terkait

Berita Lainnya :