Rekondisi Jelang Hadapi PSM


 
MALANG – Skuad Arema FC mempersiapkan agenda latihan untuk menghadapi PSM Makassar, sepulang dari Banjarmasin. Kemarin sore, tim berjuluk Singo Edan melakoni sesi training di lapangan Arhanud, Pendem, Kota Batu. Pelatih Arema, Joko “Gethuk” Susilo menyebut sesi latihan kemarin adalah rekondisi.
“Kita berikan rekondisi untuk semua pemain, baik yang turun 90 menit, starter, cadangan maupun yang tidak main,” kata Gethuk kepada Malang Post, dikonfirmasi kemarin. 
Seluruh penggawa tim yang tidak cedera, melakoni sesi latihan rekondisi untuk persiapan lawan PSM. Gethuk menyebut, waktu latihan Arema tidak banyak.
Setelah tiba di Malang dua hari lalu, kemarin Arif Suyono dkk melahap materi pengembalian kondisi usai perjalanan dari tanah Borneo. Gethuk menganggap, semua pemain yang tidak cedera, butuh porsi latihan rekondisi. Sementara, mereka yang masih berkutat dengan cedera, akan dipantau oleh tim dokter.
Gethuk menjalankan latihan selama kurang lebih satu setengah jam dengan intensitas rendah ke sedang. “Masih belum high intensity,” tambah Gethuk. 
Rencananya, tim pelatih akan memanfaatkan sisa waktu 6 hari untuk pengembalian kondisi serta persiapan taktik lawan tim asuhan Robert Rene Alberts.
Pasalnya, pelatih berlisensi A AFC ini menyebut rasa capek yang kini mendera pemain, baru bisa pulih total setelah tiga hari recovery. Utamanya, asam laktat yang menumpuk di otot.
Dengan waktu enam hari, tactician asal Cepu ini menganggap waktu efektif untuk Arema latihan hanya tiga hari saja. Karena, Cristian Gonzales dkk sudah harus menurunkan intensitas latihan H-1 demi memaksimalkan performa pada 30 Agustus mendatang.
“Waktu efektif kita tiga hari setelah menghilangkan kecapekan dan asam laktat dari otot pemain. Tapi, yang lebih penting tetaplah pikiran atau mental,” tegas Gethuk.
Rencananya, hari ini tim asuhannya bakal menjalani dua sesi latihan. Yakni, fitness untuk penguatan otot pada pagi hari, dan sesi latihan lapangan saat sore.(fin/ary)