Rendra: Arema Masih Bisa Pakai Kanjuruhan


MALANG - Kericuhan suporter Aremania pada saat pertandingan antara Arema VS Persib Bandung, membuat Presiden Klub Kehormatan Arema FC, Dr. H, Rendra Kresna angkat bicara. Menurut Rendra yang juga Bupati Malang ini, ricuh di stadion pemicunya yakni kepemimpinan wasit yang dianggap tidak fair saat pertandingan.
“Ada beberapa keputusan dari wasit yang merugikan Arema. Sehingga membuat suporter tidak puas dan melampiaskan emosinya,” ujar Rendra kepada Malang Post, kemarin.
Dia menjelaskan, seharusnya penyelenggara pertandingan di Kompetisi Liga 1 harus mempersiapkan betul pada saat pertandingan bergengsi dengan tensi sangat tinggi.
“Seharusnya operator kompetisi mempersiapkan seluruh perangkat pertandingan dengan baik, terutama wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Jangan sampai wasit tersebut tidak fair dan memimpin berat sebelah,” tegasnya.
Menurutnya aksi Aremania masuk ke dalam lapangan tersebut merupakan luapan emosi kekecewaan kepada wasit.
“Setiap pertandingan seperti pertandingan Arema melawan Persib Bandung ini harus dipimpin oleh wasit yang adil,” kata dia.
Menurut Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) NasDem Jawa Timur tersebut, apabila wasit adil dalam memimpin pertandingan, maka Aremania tidak akan bertindak melakukan kekisruhan seperti itu. Selanjutnya dia berharap kepada operator pertandingan supaya memperhatikan betul kondisi wasit ketika memimpin sebuah pertandingan besar, memiliki tingkat krusial serta tensi tinggi. “Seperti kejadian kemarin, wasit seharunya tidak mengeluarkan kartu merah kepada salah seorang pemain Arema karena tdak terjadi insiden yang berarti ” imbuhnya.
Sedangkan terkait dengan Stadion Kanjuruhan yang digunakan saat pertandingan Arema melawan Persib Bandung yang berakhir ricuh itu, dia menyatakan kondisinya tidak apa-apa. Tidak terjadi kerusakan yang berarti saat terjadinya kericuhan tersebut. Pihak pengelola Stadion Kanjuruhan juga sudah melakukan inventarisir pasca aksi itu.
“Untuk kondisi stadion tidak apa-apa. Tim Arema masih bisa mempergunakan stadion tersbeut. Karena Stadion Kanjuruhan memang merupakan markas dari tim Arema,” pungkasnya.(ley/agp/big/ary)

Berita Lainnya :