Rombongan Arema Dikawal 14 Kendaraan Militer


SURABAYA - Pengawalan ketat didapatkan tim Arema FC ketika berangkat dan pulang dari Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebanyak 14 kendaraan militer, mulai dari mobil Patwal Polrestabes, Polda Jatim hingga Polisi Militer ditambah tiga Rantis, mengiringi perjalanan Hamka Hamzah dkk dari Hotel Santika, Gresik ke stadion di kawasan Benowo. Selain itu mobil Sabhara dan sekitar 50 kendaraan roda dua.
"Iring-iringan ada sekitar 14, Ndan," ujar Henry Goenawan, polisi di Mobil Patwal Polrestabes Surabaya yang dinaiki oleh Malang Post berkomunikasi dengan suara di balik HT yang dia pegang.
Henry berkali-kali memberikan informasi mengenai posisi rombongan tim Arema. Pasalnya, pihak kepolisian mencoba mensterilkan jalan yang akan dilalui oleh tim Singo Edan.
Kebetulan, mobil patwal yang dinaiki Malang Post berada di jalur paling depan, di belakang polisi yang mengendarai roda dua dan bertugas mengamankan jalur. Sekitar 30 menit, perjalanan ke stadion.
Perjalanan relatif aman dan lancar, karena jalanan menuju stadion telah dikondisikan. Namun, mendekati stadion, di kiri kanan jalan sudah terlihat penuh dengan kendaraan suporter yang sudah diparkir.
"Padahal hari aktif, tetapi ramai juga. Mereka ini sepertinya bolos kerja," tambah dia.
Perjalanan pulang pun nyaris sama. Kawalan ketat tetap terjadi. Apalagi, hasil 2-2 sempat membuat suporter tuan rumah menumpahkan kekecewaan di tribun. Penyalaan flare, kembang api, dan lemparan botol terjadi.
Secara keseluruhan, dari laporan Panpel, sekitar 4.600 personel keamanan dikerahkan. Jumlah yang meningkat sekitar 1.100 personel, baik dari kepolisian maupun TNI, Satpol PP hingga Linmas.
Sementara, nyaris 100 personel untuk mengawal pemain Arema FC sampai ke hotel. Perjalanan pulang relatif lebih lama karena berbarengan dengan keluarnya suporter. Nyaris satu jam perjalanan, dengan sesekali berhenti di sekitar jalan di kawasan Benowo.
Sementara itu, di hotel pun selama dua hari dikawal ketat oleh polisi dan Polisi Militer (PM). Ada sepuluh petugas standby, menjaga kemanan tim. Mereka berjaga-jaga agar hotel tetap aman selama tim Arema menginap. (ley/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :