Tak Izinkan Atayev Pergi

 
MALANG - Arema FC sudah menegaskan tidak akan melepas Ahmat Atayev untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Turkmenistan, di Bulgaria, 24-30 Agustus 2017. Pemain ini dianggap krusial bagi Singo Edan, sehingga tim memutuskan akan melepas sang pemain pada pertandingan kualifikasi Timnas Turkmenistan, 5 September 2017.
Pelatih Arema, Joko Susilo mengatakan, jika Arema sudah mendapatkan pemberitahuan dari federasi sepak bola Turkmenistan, untuk Atayev mengikuti pemusatan latihan. Sebab, setelah itu Turkmenistan akan menjalani laga di kualifikasi Piala Asia 2019.
"Tetapi kami mempertimbangkan kebutuhan tim. Sehingga, Atayev memang tidak kami lepas untuk pemusatan latihan, tetapi bisa bergabung dalam laga Timnas Turkmenistan," ujar Joko Susilo.
Arema memang berat melepas Atayev. Karena jika sesuai jadwal tersebut, Alfarizi dkk memiliki agenda pekan 22 melawan PSM Makassar. Laga yang krusial dan berat, jika tim ini kehilangan pemain 27 tahun itu yang telah langsung menjadi andalan di lini tengah.
Apalagi, Arema dipastikan kehilangan Ahmad Bustomi, karena menjalani kursus kepelatihan C AFC. "Jika kehilangan dua pemain dengan posisi yang sama, itu berat. Belum lagi antisipasi pemain lain absen," beber dia kepada Malang Post.
Ia mengatakan, dirinya pun sudah meminta kepada manajemen, untuk segera menjawab ke federasi sepakbola Turkmenistan. Perihal tidak dilepasnya pemain untuk TC, tetapi akan dilepas dalam laga kualifikasi.
"Pemusatan latihan bukan agenda timnas. Kalau kualifikasi Piala Asia, kami memang harus melepasnya karena itu agenda FIFA," jelas dia panjang lebar.
Kebetulan pula, 5 September mendatang, tim Singo Edan tidak ada jadwal pertandingan Liga 1. Usai menjamu PSM Makassar, Arema baru bertanding lagi 10 September dan menurut perhitungan Gethuk, masih ada waktu bagi sang pemain untuk kembali bergabung dan bersiap bersama Arema.
Kehadiran Atayev langsung menjadi salah satu kunci kekuatan lini tengah Arema. Meski sejatinya dia didatangkan untuk memperkokoh lini belakang, akan tetapi dirinya justru dipercaya sebagai seorang gelandang bertahan. Namun, Atayev besar kemungkinan diturunkan sebagai stopper saat melawan Barito Putera, karena absennya Syaiful Indra Cahya.  (ley/feb)

Berita Lainnya :