Tak Perlu Adaptasi


MALANG - Pelatih Arema FC, Milomir Seslija tidak bisa berbuat banyak untuk menentukan pemain ketika bergabung di musim ini. Pasalnya, Arema mempertahankan sebagian besar pemain, sehingga Milo dipastikan harus meracik komposisi tim dengan skuat yang sudah tersedia dan merupakan komposisi musim lalu.
Milo mengaku bisa memahami bahwa jelang musim 2019 ini, ia tak bisa membentuk timnya sendiri. Pelatih asal Bosnia ini pun menyebut bahwa ada alasan bagus baginya untuk menerima kondisi ini.
"Kalau saya ubah, tak ada garansi untuk apapun. Dengan kondisi sudah terbentuk, sebenarnya lebih mudah juga, karena mereka sudah bersama musim lalu," papar Milomir Seslija.
Menurut dia, chemistry adalah hal penting dalam membangun tim. Sehingga, dirinya tinggal menekankan kepercayaan diri para pemain di setiap pertandingan.
Bahkan, baginya skuad Arema FC kini banyak pemain bertalenta yang sesuai dengan harapannya. "Saya tidak masalah. Dengan mempertahankan banyak pemain lama akan membuat tim ini lebih kompak. Lagipula pemain yang ada sekarang banyak yang bertalenta terutama pemain mudanya," jelas MIlo.
Selain itu, untuk saat ini dia menilai Arema memiliki banyak pemain muda dan bertalenta. Secara teknis, mereka dianggap Milo di atas rata-rata.
Hanya saja, sebagai pemain muda, penggawa Arema tersebut membutuhkan sosok senior yang membimbing mereka. "Kami tidak bisa otomatis menjadikan seorang pemain menjadi pemain bagus. Kami harus mengembangkan mereka, setahap demi setahap," tuturnya.
General Manager Arema FC, Ruddy Widodo mengatakan, pihaknya yakin jika pemain yang telah dipilih  untuk diramu oleh Milo, bisa memenuhi espektasi pelatih kepala, meskipun saat pemilihan Milo tidak dilibatkan.
"Coach Milo tidak akan keberatan mengenai hal ini. Karena sebagian besar pemain yang jadi starting eleven dan dipertahankan merupakan pemainnya musim 2016 lalu," katanya.
Ruddy menjelaskan, keputusan ini justru dapat mempermudah Milo dalam menahkodai Arema musim ini. Pasalnya, ia tidak perlu banyak adaptasi, karena Milo juga telah mengenali banyak pemain Arema yang ditukanginya. (ley/jon)

Berita Terkait