Target Benamkan Tim Kalimantan Lagi


MALANG - Usai membenamkan Persiba Balikpapan, Arema FC kini mengincar tim Kalimantan lainnya. Tim ini bakal menghadapi laga yang diprediksi lebih susah, yakni away ke markas Barito Putera, Rabu (23/8) lusa. Sehingga, Alfarizi dkk kini sudah mengalihkan fokus untuk pekan 21 dan membuktikan jika tim ini sudah terlepas dari tren negatif yang terjadi sebelumnya.
"Kami senang dengan hasil melawan Persiba. Tetapi selanjutnya, laga melawan Barito Putera pasti lebih berat dan kini perhatian kami ke laga itu," ujar Kapten Tim Arema, Alfarizi.
Menurutnya, raihan tiga poin di pekan 20 lalu adalah awal kebangkitan Arema. Karena sudah bangkit dari keterpurukan, maka hal itu harus dibuktikan di markas Barito Putera.
"Jangan sampai kami meraih hasil negatif lagi. Kami sudah berjuang keras lepas dari keterpurukan dan saatnya sekarang terus naik," beber Alfarizi kepada Malang Post.
Pelatih Arema, Joko Susilo pun mengatakan hal yang sama. Fokus timnya kini adalah ke depan, dan paling dekat bertemu Barito Putera. "Kami tidak ingin menoleh ke belakang. Saat ini fokus menghadapi sisa pertandingan dan terus berburu hasil positif," bebernya.
Tiga angka pekan lalu, menurut dia, adalah modal bagi Arema. Selanjutnya, dia menargetkan hasil positif berupa poin sehingga bisa kembali ke persaingan di papan atas.
"Apapun kondisinya, target kami selanjutnya adalah hasil positif. Jika melihat perkembangan anak-anak, kami yakin," ungkap dia.
Menurut Gethuk sapaan akrabnya, penampilan pemain sudah bagus. Strategi yang dia inginkan pun berjalan dengan baik. Hanya saja, dia menginginkan perbaikan pada timnya. Masih ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki sehingga mewujudkan tiga angka akan lebih muda.
"Saya inginkan pemain bisa tampil lebih bagus lagi di pertandingan berikutnya," tegasnya.
Berdasarkan hasil pekan lalu, Arema terlihat sudah mampu mengatasi minimnya gol yang terjadi pada tim ini. Tiga gol berhasil dilesakkan dan menjadi kemenangan terbesar Singo Edan. Salah satu gol, tercipta dari skema tendangan bebas, yang dalam beberapa kali latihan ditekankan oleh Joko Susilo.
"Dalam beberapa kali latihan terakhir, kami sudah melatih pemain agar bisa memanfaatkan skema set piece dan itu sebagai salah satu opsi mencetak gol," tambah dia.
Menurut dia, timnya saat ini memperbanyak opsi mencetak gol.  Hal tersebut untuk mengantisipasi minimnya jumlah penyerang yang mereka miliki pada putaran kedua ini.
"Sepakbola tak semata mengandalkan penyerang dalam mencetak gol. Semua pemain bisa mencetak gol," papar dia.
Saat melawan Persiba Balikpapan, gol pertama Arema pun berasal dari set piece. Tendangan keras Juan Pablo Pino membentur mistar namun mampu disambar oleh Ahmad Bustomi. Setelah itu, dua gol Arema dicetak melalui umpan satu dua sentuhan, yang juga dipelajari dalam latihan.
"Demikian pula dalam mencetak gol tak melulu harus lewat bola hidup. Lewat set piece pun harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin," tandas dia.
Sementara itu, penggawa Arema sendiri hari ini bertolak ke Banjarmasin. Sebanyak 18 pemain berangkat dari Hotel Ijen Suites Malang menuju Bandara Juanda, Surabaya. "Kami berangkat pukul 06.30 WIB dari hotel dan menuju Juanda. Sampai di Banjarmasin sore dan ada jadwal latihan di sana," ujar Pelatih Kiper Arema, Yanuar Hermansyah.(ley/ary)

Berita Lainnya :