Ada Dua Titik Lainnnya

Minggu, 20 Oktober 2019

Jumat, 20 Sep 2019, dibaca : 390 , bagus, asa

MALANG -Kasi Promosi Promosi Pariwisata, Agung H Buana menyampaikan bahwa selain di SDN Dinoyo 1 terdapat dua titik lain penemuan Yoni. Pertama Yoni Merjosari berada di Merjosari Joyoutomo IX dan kedua adalah Yoni Clumprit yang ditemukan sekitar 700 meter arah selatannya yang berada di tengah-tengah pemukiman warga. 
"Benar ada 3 titik penemuan yoni, yang sebenarnya sudah diketahui oleh masyarakat sekitar," ungkapnya.
Terkait kunjungan dari tim Cagar Budaya Provinsi Jatim, Agung menyebutkan bahwa pihaknya diberikan sejumlah saran untuk menindaklanjuti penemuan tersebut. Salah satunya ialah pemindahan Yoni Merjosari yang berada di Merjosari Joyoutomo IX ke kawasan situs Watugong. "Disarankan agar temuan Yoni yang di gang IX bisa diamankan di situs Watugong jalan Kanjuruhan Tlogomas malang. Dengan alasan keamanan dan agar dapat terpantau oleh juru pelihara," terangnya.
Alasan utama pemindahan Yoni Merjosari tersebut adalah karena lokasinya yang berada di tanah milik salah seorang warga, dan akan segera didirikan bangunan di atasnya. 
"Sebenarnya Yoni yang ditemukan adalah Yoni yang sengaja ditanam. Jadi diduga mulanya berada di sekitar situ saja, namun dipindahkan.
Menurut Agung ketiga temuan Yoni baru tersebut memiliki kemiripan ragam hias dan ukuran. Setelah ini, rencana dari Disbudpar ialah untuk melakukan eskavasi atau penggalian lebih dalam penemuan tersebut harus melalui berbagai perrimbangan, mengingat lokasi penemuan yang berada di tengah hunian masyarakat. 
"Yang di SDN Dinoyo 1  kemungkinan akan kita angkat bersama pihak sekolah dibawah pengawasan TACB," tutupnya.(asa/ary)
 



Loading...