Agar Maksimal, Pilih Masker Sesuai Jenis Kulit

Minggu, 31 Mei 2020

  Mengikuti :


Agar Maksimal, Pilih Masker Sesuai Jenis Kulit

Sabtu, 09 Nov 2019, Dibaca : 7236 Kali

SELAIN membersihkan wajah dan rutin menggunakan skincare, agar tetap terlihat cantik, perempuan wajib merawat wajah dengan masker. Perawatan ini juga bisa jadi alternatif bagi kamu yang malas perawatan di salon loh. Sambil nonton acara televisi kesayangan dan nunggu masker kering, asik juga kok. Tapi, banyak sekali pilihan masker. Jadi, jangan salah pilih, gunakan yang sesuai dengan jenis kulit. Agar tidak terlihat kering atau kusam. Dalam edisi kali ini, Malang Post akan mengulas jenis dan fungsi masker yang dikutip dari berbagai sumber. Apa saja?

1. Sheet mask
Saat ini, jenis masker yang satu ini sedang hits di kalangan perempuan. Selain mudah ditemui di pusat perbelanjaan, penggunaannya praktis dan mengandung banyak moisturizer. Sehingga, bisa membuat wajah terasa halus, lembab, dan terlihat cerah seketika. Tergantung dari varian yang dipilih, masker ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit.
2. Peel-off mask
Masker yang satu ini berbentuk krim atau gel yang akan mengering ketika diaplikasikan dan dapat dikelupas. Selain efektif untuk mengangkat kotoran serta komedo di wajah, terutama sekitar hidung, masker jenis ini juga bisa membuat wajah terasa lebih halus. Masker ini cocok digunakan untuk kulit normal dan berminyak. Sementara, untuk kulit kering, tidak boleh sering menggunakan masker jenis ini, agar tidak terlihat kusam. Sedangkan untuk kulit sensitif, perhatikan terlebih dahulu kandungan di dalam masker agar tidak membuat kulit iritasi.
3. Clay mask
Bagi yang memiliki kulit berminyak, masker yang satu ini bisa dicoba. Sebab, dapat menyerap kelebihan minyak serta menyerap kotoran dari pori-pori wajah, clay mask ampuh untuk membersihkan wajah secara mendalam. Agar wajah tidak iritasi, pastikan untuk tidak mendiamkan masker terlalu lama serta gunakan pelembap setelahnya agar wajah tidak kering.
4. Wash off mask
Walaupun sedikit ribet karena harus dibersihkan dengan air setelah menggunakannya, tapi masker yang cocok untuk semua jenis kulit ini juga ampuh untuk membuat wajah jadi lebih lembut. Ketika membersihkan, pastikan benar-benar bersih agar tidak ada sisa krim masker yang tertinggal.
5. DIY mask
Masker jenis ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Seperti tomat, timun, madu, yoghurt, stroberi, kopi, oatmeal, dan lainnya. Walaupun hasil yang diberikan membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi DIY mask lebih aman untuk digunakan. Komposisinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan wajah.
6. Exfoliating mask
Masker yang satu ini memiliki dua kegunaan sekaligus. Masker dengan jenis ini biasanya memiliki butiran halus di dalamnya. Pertama, aplikasikan pada wajah dan biarkan sesuai waktu yang disarankan. Sebelum membilasnya dengan air, pijat ringan wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.
7. Sleeping mask
Sesuai namanya, masker yang satu ini digunakan di malam hari sebelum tidur. Biasanya, sleeping mask memiliki tekstur berupa gel hingga mudah menyerap ke dalam kulit. Fungsinya sendiri untuk menghidrasi serta menyegarkan wajah setelah lelah beraktivitas seharian. (tea/oci)

Editor : rosida
Penulis : amanda