Alokasi Anggaran Tak Cukup

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


Alokasi Anggaran Tak Cukup

Kamis, 23 Apr 2020, Dibaca : 1437 Kali

MALANG - Menanggapi polemik  penerima bantuan  dampak Covid-19, Kepala Diskopindag Kota Malang Drs Wahyu Setianto
menjelaskan, data PKL yang masuk dari kelurahan dan kecamatan melebihi kemampuan anggaran yang disiapkan Pemkot Malang.
“Data dari tiap kecamatan melalui pendataan di tingkat RT/RW sudah masuk, jumlahnya 5.422 PKL. Kemampuan anggaran bantuan PKL hanya untuk 2.500 PKL karena anggarannya sebesar Rp 2,25 Miliar,” jelasnya.


Wayu menjelaskan jumlah penerima bantuan PKL tiap kelurahan berbeda-beda. Tergantung kantong-kantong warga miskin yang ada. Maka akan berbeda jumlah penerimanya di tiap kelurahan. Di Klojen, wilayah kantong miskin tidak sebanyak di Kecamatan Kedungkandang.


Saat diminta penjelasan mengenai apa yang terjadi di Kelurahan Sukoharjo, Wahyu  membenarkan jika warga yang terverifikasi berjumlah 26 orang saja. Verfikasi ini sudah dilakukan dengan melakukan pemantauan langsung di lapangan.
“Tim turun langsung untuk melihat. Bahkan ada yang mendapati yang sebenarnya tidak layak dapat bantuan malah datanya ada. Indikator verifikasi banyak, kita punya hitungannya sendiri. Dan yang ditentukan benar-benar layak mendapatkan bantuan,” tegas Wahyu.


Lebih lanjut dia menjelaskan bantuan 2.500 PKL yang sudah terverifikasi itu akan segera dicairkan. Tetapi pencairannya ditahan dulu sementara ini. Karena ada rencana pemerintah pusat menambah dana untuk JPS di daerah-daerah.


Karena ada rencana tersebut, maka sisa PKL yang awalnya tidak masuk penerima bantuan lantaran kuota terbatas bisa jadi dimasukan untuk menerima bantuan. Tapi yang benar-benar sudah terverfikasi layak mendapatkan bantuan.
“Nah karena ada rencana bantuan tambahan dari pusat, maka yang sisanya tidak masuk data penerima tapi layak bisa saja menjadi tambahan dan masuk data penerima. Inilah kenapa kita belum mencairkan, agar semua yang didata bisa lebih banyak nanti yang dapat,” tegas Wahyu.

 

Sabar, Akan Dibantu Pusat
Wali Kota Malang Drs H Sutiaji yang mengetahui permasalahan ini meminta warga bersabar dulu. Penerima bantuan bagi PKL akan diupayakan lebih banyak, karena ada rencana tambahan bantuan pemerintah pusat kepada 42.000 KK di Kota Malang.


Bantuan ini bisa menjadi tambahan dana bagi PKL yang sebelumnya didata melebihi kemampuan yang dimiliki Pemkot Malang. “Warga tolong bersabar dulu. PKL memang masih belum dicairkan kita masihvalidasi data lagi, bisa jadi lebih banyak lagi yang bisa dapat. Mohon sabar dulu,” imbaunya. (ica/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Francisca Angelina